Plt Wali Kota Medan , Gubsu, Kapoldasu, Pangdam IBB Tinjau Sejumlah Vihara

Advertisement

Plt Wali Kota Medan , Gubsu, Kapoldasu, Pangdam IBB Tinjau Sejumlah Vihara

Sabtu, 25 Januari 2020

Medan | SNN - Dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2571 tahun 2020, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau sejumlah vihara di Kota Medan, Jumat (24-01-2020) malam. Hal ini dilakukan guna memastikan agar perayaan hari besar bagi etnis Tionghoa ini berjalan aman dan lancar.

Peninjauan dilakukan Plt Wali Kota bersama Gubsu Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhillah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin,Dandim 02/01 BS Kol Inf Roy Hansen Sinaga, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir, Kajari Medan Dwi Setyo Budi Utomo, Ketua DPRD Medan Hasyim, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Adapun vihara pertama yang dikunjungi yakni Vihara Borobudur Jalan Imam Bonjol. Kemudian menuju Vihara Setia Budi di Jalan Jawa yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Medan. Selanjutnya, peninjauan berakhir di Maha Vihara Maitreya di Komplek Cemara Asri yang menjadi vihara terbesar di Kota Medan. Peninjauan pun berakhir sekitar pukul 23.00 WIB.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan di semua vihara, perayaan berjalan aman dan lancar. Disela-sela tinjauannya, Plt Wali Kota juga menyapa para warga yang ada. Bahkan, memenuhi keinginan warga yang meminta untuk berfoto bersama. Suasana keakraban dan kedekatan begitu terasa saat Plt Wali Kota dan warga saling bercengkrama.

Plt Wali Kota mengaku senang karena perayaan Tahun Baru Imlek 2571 tahun 2020 berjalan aman dan lancar. Apalagi seluruh warga etnis Tionghoa merayakannya dengan penuh suka cita bersama dengan  anggota keluarganya masing-masing.

"Malam ini setelah kita meninjau dan melihat, perayaan malam Tahun Baru Imlek berjalan aman, lancar,kondusif dan sangat meriah. Kebahagiaan terpancar dari saudara-saudara kita yang merayakannya. Di samping itu juga, kebahagiaan ini menjadi kebahagiaan kita semua," kata Plt Wali Kota.

Plt Wali Kota juga mengungkapkan tidak hanya etnis Tionghoa, namun juga warga lainnya tampak ikut bersuka cita meski hanya sekedar melihat ratusan lampion yang dipasang guna memeriahkan perayaan tersebut. Untuk itulah, Plt Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga karena telah menciptakan suasana yang kondusif.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah menciptakan dan menjaga kekondusifan Kota Medan. Ini menjadi wujud keseimbangan dan harmonisasi hidup antar umat beragama. Mari kita jaga terus Medan Rumah Kita sehingga tetap aman,nyaman,kondusif, bersih dan cantik," ajaknya.

Sementara itu, Gubsu Edy Rahmayadi berharap seluruh rangakaian perayaan Tahun Baru Imlek berjalan lancar dan semakin baik. "Semoga semuanya berjalan tanpa gangguan sehingga terwujud Sumut yang aman, maju dan bermartabat," bilang Gubsu.

Sedangkan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengungkapkan Polda Sumut menurunkan sebanyak 2. 743 personel untuk mengamankan seluruh vihara yang ada di Sumut termasuk Kota Medan. "Nantinya, para personel akan melakukan pengamanan dan pengawasan di semua vihara selama prosesi ibadah," ujarnya. (torong/fit/arj)