Jamaah Calon Haji Kloter 12 Dilepas Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi didampingi Kakamenag Langkat, Calon Haji Langkat Habibah binti Saleh Meninggal Dunia -->

Jamaah Calon Haji Kloter 12 Dilepas Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi didampingi Kakamenag Langkat, Calon Haji Langkat Habibah binti Saleh Meninggal Dunia

Minggu, 04 Juni 2023




Medan | SNN -
Seorang calon jamaah haji Kloter 12 asal Kabupaten Langkat meninggal dunia ketika mau melaksanakan makan di Aula Bir’ Ali Asrama Haji Medan, sekira pukul 02.00 siang, Jalan AH Nasution Medan, Minggu (04/06/2023). Almarhumah bernama Habibah Binti Saleh (64) dengar nomor manifest 069, warga Dusun I Klambir v Kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang.

Ketua kloter 12, H. Efendi Sahputra, S.Ag,M.Pdi, memaparkan berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelumnya, almarhumah tersebut dalam kondisi sehat. “Pemeriksaan semalam jamaah tersebut nampaknya biasa-biasa aja, cuma ketika makan tiba-tiba itu tadi mungkin ada serangan jantung tiba-tiba jatuh,” ungkap Ketua Kloter.

Selanjutnya, calon jamaah yang meninggal tersebut dibawa ke rumah sakit terdekat dan masih menjadi tanggung jawab dari PPIH Embarkasi. “Ini sementara dibawa ke rumah sakit dan masih tanggung jawab PPIH embarkasi dan kalau sudah berangkat baru menjadi tanggung jawab kami”, lanjut H. Efendi Sahputra.

Terpisah, menurut tetangga sebenarnya almarhumah Habibah merupakan jamaah menggantikan ibundanya yang seharusnya berangkat haji namun gagal dikarenakan ibunda beliau meninggal sebelum berangkat haji pada tahun lalu.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi menjelaskan, pemeriksaan kesehatan jamaah tersebut kemarin, sehat-sehat saja dan keadaaannya biasa-biasa saja, cuma ketika makan siang, tiba-tiba ibu itu telungkup di meja, lalu ketika diperiksa, Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun,” jelas Kakanwil.

Kakanwil mengatakan, segala urusan mengenai calhaj yang meninggal menjadi tanggungan PPIH dan malam ini langsung kita hantar ke rumah duka berikut bawaannya, termasuk living cost kita kembalikan semua. Dan, panitia, juga mengatakan bahwa calhaj tersebut akan dibadal hajikan di Tanah Suci,” kata Kakanwil yang terlihat menitikkan air mata sedih melihat jamaah yang terlihat begitu semangat, tetapi Allah terlebih dahulu menjemputnya keharibaannya.

Kakanwil juga menyarankan seluruh jamaah lainnya untuk tetap menjaga kesehatan, kalau kematian memang tidak bisa kita hindari, tetapi menjaga kesehatan adalah hal yang utama agar seluruh proses ibadah kita berlangsung dengan sempurna sesuai tuntunan dan syariahnya.


Kamenag Langkat Ainul Asward saat mendampingi  Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Kosbi Nasution mengatakan kepada Wartawan kita memang berduka atas meninggalnya Calon haji Almarhumah bernama Habibah Binti Saleh (64) dengar nomor manifest 069, warga Dusun I Klambir v Kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang.

"Kita akan kordinasi kepada keluarga proses selanjutnya, tapi beliau meninggal dalam melaksanakan ibadah haji Emberkasi Medan," harapnya.(torong)