Sosialisasi PP No. 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja SKP Gantikan DP-3 PNS

1 Sosialisasi PP

Pantai Cermin | SNN – Penilaian pelaksanaan pekerjaan pegawai merupakan proses kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi tingkat pelaksanaan pekerjaan. Pada lingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNS) salah satu alat ukur penilaian kinerja tersebut tertuang dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP-3) yang telah diatur sesuai PP No. 79 Tahun 1979.

Untuk menyempurnakan peraturan yang telah ada pemerintah telah mengeluarkan PP No. 46 Tahun 2011, dimana proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai berdasarkan unsur sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja PNS.

Untuk memberikan pemahaman implementasi penerapan SKP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tentang PP No. 46 Tahun 2011 ini, Badan kepegawaian Daerah (BKD) Sergai bekerjasama dengan Kantor Regional VI BKN Medan melaksanakan sosialisasi penilaian prestasi kerja ini yang dilaksanakan di aula Theme Park Resort Pantai Cermin, Selasa (03-12-2013).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si secara resmi membuka acara sosialisasi ini ditandai dengan pemukulan gong. Turut hadir dalam acara ini para Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD, mewakili Kepala Kantor Regional VI BKN Kabid Bimtek Drs. Subekti Agus Irianto sekaligus sebagai Narasumber, Camat serta para Kapus dan KCD se-Kabupaten Sergai.

Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa PP No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja merupakan penyempurnaan dari PP No. 10 Tahun 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan PNS, penerapannya akan berlaku efektif mulai Januari 2014 sehingga setiap kepala SKPD agar dapat mengantisipasi dalam pelaksanaannya.

Diungkapkan Sekdakab Haris Fadillah melalui metode ini, penilaian prestasi kerja secara sistemik menggabungkan penilaian antara unsur Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)  dan perilaku kerja. Penilaian prestasi kerja terdiri dari dua unsur yaitu SKP dan Perilaku Kerja.

Unsur SKP terdiri atas aspek kuantitas, kualitas, waktu, serta biaya dengan bobot penilaian 60%, sedangkan perilaku kerja yang berasal dari pengamatan berupa orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerja sama, serta kepemimpinan. Unsur perilaku kerja ini memiliki bobot penilaian 40%.
Setiap PNS wajib mencapai sasaran kerja pegawai yang ditetapkan, apabila sasaran kerja pada akhir tahun tidak tercapai maka berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat dijatuhi hukuman disiplin, jelas Sekdakab Haris.

Melalui kegiatan Sosialisasi ini diharapkan mampu menjadi media transfer pengetahuan dalam rangka peningkatan kapabilitas sumber daya aparatur terhadap isi pokok peraturan PP. No. 46 Tahun 2011 ini di lingkungan masing-masing unit kerja jajaran PNS Pemkab Sergai. PNS diharapkan mampu menjadi panutan bagi masyarakat sekaligus dapat bekerja secara profesional sesuai bidang tugasnya, pungkas Haris Fadillah.

Kepala BKD Drs. Ahmad Zaki M. AP melaporkan bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini untuk menyampaikan kepada seluruh kepala SKPD agar dapat diimplementasikan oleh setiap PNS di lingkungan Pemkab Sergai. Serta diharapkan dengan diterapkannya PP No. 46 tahun 2011 ini setiap PNS dapat menunjukkan kinerja yang baik dan mampu memberikan pelayanan yang lebih optimal dan memenuhi seluruh harapan dari masyarakat. Materi yang diberikan diberikan kepada peserta sosialisasi berupa pembelajaran dan pendalaman materi serta diskusi dan praktek pengisian formulir penilaian prestasi kerja PNS. (JN).

Photo :
Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si didampingi para Kepala SKPD,  Narasumber Kabid Bimtek Drs. Subekti Agus Irianto memukul gong pertanda diresmikannya pembukaan acara Sosialisasi PP. No. 46 Tahun 2011 yang dilaksanakan di aula Theme Park Resort Pantai Cermin, Selasa (03-12-2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>