NRG Depag di Bagikan, Guru Sertifikasi Lulusan 2011 di Bayarkan Januari 2013

1 image002

Banda Aceh | SNN – Akibat belum memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG), Guru di Kementerian Agama Republik Indonesia Wilayah Kota Banda  Aceh belum bisa menikmati  dana sertifikasi Tahun 2012. Sampai akhir September 2012 belum ada tanda- tanda akan direalisasikan dana tersebut.

Kabar baik  awal Oktober 2012 kartu Nomor Registrasi Guru(NRG) dijajaran Kamenag Banda Aceh  sudah mengeluarkan NRG walau tidak semua ada, “Ini di karenakan ada beberapa guru yang tidak lengkap berkasnya saat di verifikasi di Jakarta kata Drs. Abd. Syukur,M.Ag” Kasi Mapenda Kakandepag Kota Banda Aceh kepada media ini saat di minta tanggapannya, Rabu (03-10-2012)

“Semoga Januari 2013 dana sertifikasi angkatan 2011 dapat di cairkan” Sambung Kasi Mapenda tersebut. Sambil mempersilakan kepada Guru–guru yang lain untuk melengkapi berkas – berkas yang belum sempurna untuk di usulkan kembali ke Jakarta.

Berbeda  dengan guru yang berada di bawah Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten di Aceh sudah menerima dana sertifikasi  Tahun 2012 padahal sama-sama lulus sertifikasi tahun 2011. Sepertinya  guru-guru tersebut harus bersabar sampai  semua berkas selesai dan menunggu beberapa NRG lain turun dari Jakarta.

Sumber–sumber di daerah juga menyatakan hal yang sama bahwa mereka juga sudah menerima kartu NRG, Kami di Aceh Timur sudah mendapatkan NRG yang di bagikan Kakanmenag, Rabu  (03-10- 2012) kata Jalaluddin Guru di MIN Meunasah Teungoh Pante Bidari Aceh Timur.

Mudah-mudahan dengan keluarnya kartu Nomor Registrasi Guru(NRG) ini,Kami bisa berlega hati dan cepat bisa mencairkan dana sertifikasi  Ungkap Bahtiar, S.Pdi guru di Ulim Pidie Jaya yang juga sudah menerima Nomor Registrasi Guru(NRG).

Banyak harapan dikalangan para guru terhadap dana sertifikasi tersebut selain sudah di plotkan untuk kebutuhan pendidikan anaknya juga hal –hal lain sampai membayar utang yang di pinjam beberapa waktu lalu.Saya akan melaksanakan Hakikah Kepada anak saya seperti yang telah saya nazarkan kata seorang guru lainnya ketika di minta tanggapan terhadap keluarnya Nomor Registrasi Guru (NRG) ini.

Kegundahan Guru dan Dosen terhadap himpitan hidup dan kesejahteraan ternyata disikapi oleh Pemerintah Pusat dengan mengeluarkan sebuah Undang Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen  serta turunan dari  Undang Undang tersebut terhadap tata cara dan peningkatan kualifikasi tenaga kependidikan.

Semua mengarah kepada perbaikan mutu pendidikan di Indonesia agar dapat bersaing dengan Negara lain dalam menghadapi era globalisasi yang semakin maju.

Walau secara  aturan yang tertuang dalam Undang -Undang Guru dan Dosen Tahun 2005 tidak mencantumkan syarat (NRG) tersebut dalam proses pencairan dana sertifikasi.Namun biar lebih valid terhadap  Nomor Registrasi Guru (NRG), alangkah baiknya seorang Guru harus mengantongi nomor tersebut secara pribadi agar menghindari kekeliruan di kemudian hari. (Ef)

16 Responses to NRG Depag di Bagikan, Guru Sertifikasi Lulusan 2011 di Bayarkan Januari 2013

  1. Lapinus says:

    kasus yang sama untuk guru mata pelajaran umum di kemenag sulawesi tenggara sampai november 2012 jangankan mau dibayarkan tunjagan sertifikasi NRG dan SK Dirjen belum jelas…, knp lama? ada apa?

  2. KORUPTOR says:

    guru dalam struktur pemerintahan berada di posisi paling bawah, guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan, kalau ada yang kurang memuaskan dari hasil belajar siswa pastilah guru yang paling empuk untuk dikambinghitamkan, mengenai tugas guru menurut saya sekarang ini guru tidak bisa dikatakan sebagai tenaga fungsional, tetapi sebagai tenaga fungsional sekaligus struktural. tugas guru banyak sekali selain tugas pelayanan yang melekat pada pegawai fungsional diwajibkan harus mengajar atau memberikan pelayanan kepada anak didik, guru juga seperti pegawai struktural yang mengurus administrasi sekolah bahkan administrasi tentang karier personal apalagi sekarang ada tunjangan fungsional yang pada kenyataannya kata “tunjangan fungsional” terkadang dijadikan senjata oleh pejabat diatas untuk menekan guru walaupun tunjangan tersebut tidak serta-merta turun dengan mudah layaknya tunjangan-tunjangan yang didapatkan oleh TNI, POLRI, Pegawai PAJAK dan pegawai selain Guru, dalam proses pencairannyapun bisa diotak-atik dengan mudah oleh Pejabat Pemerintah dengan mengeluarkan Peraturan Kementerian, sebagai contoh proses pencairan sertifikasi oleh Menterian keuangan no 101 pada bulan Mei 2010 yang kemudian diubah peraturan kementerian keuangan no 164 pada bulan September 2010 yang sangat merugikan bagi guru lulus sertifikasi tahun 2011 di jajaran Kemenag, Mulai proses PLPG atau Portofolio sampai dengan pencairan tiap periodenya pasti ada pungutan liar,…. lagi-lagi guru sebagai makanan empuk bagi para pejabat, kalau saya amati para aparat di Negara ini, enaknya guru itu kalau ada siswa yang ingin memiliki nilai bagus suruh aja bayar biar kaya aparat/pejabat lain… Polisi aja juga dibayar kalau ada yang melanggar di jalan, Bupati aja juga dapat bagian dari pemenang tender, para bendahara-bendahara di pegawai pemerintahan di kementerian apapun juga dapat komisi jika bisa mencairkan anggaran, aparat di negara ini semua korup, biar hancur aja negara ini, kalau saya boleh milih lebih baik masyarakat Indonesia ini lebih memilih diperlakukan dengan Adil oleh pemegang kekuasaan walaupun pemegang kekuasaan itu tidak lagi bernama PEMERINTAHAN INDONESIA

  3. jumari garahan jember jatim says:

    pemerintah jangan hanya janji saja kalau dana sertifikasi 2011 akan cair perjanuari 2013,realitanya harus terwujud dana agar guru-guru yang sertifikasi tahun 2011 bisa sejahtera tidak menjadi pekerjaan sampingan contohnya tukang ojek, kuli sawah, kuli bangunan. saya berharap semoga pemerintah mengerti dan merasakan pedihnya hidup menjadi seorang guru terutama yang non PNS.

  4. edy oktofan says:

    ..dengan masalah yg sama, kami sampai 30 januari 2013 belum ada kejelasan pencairan dana, di kab.bone sulsel..pada rapat terakhir bersama pihak DEPAG, tdk memberikan jawaban yg memuaskan…bahkan sangat berbelit-belit,Dana Hangus/dana tdk cukup dll..dan tdk ada jaminan dana sertifikasi 2012 akan terbayar…, sehingga kami berinisiatif ..u mengadukan masalah ini d DPRD..ya semoga d sana ada solusinya…

  5. dodi says:

    kemenag terlalu kotor sertifikasi gak jelas!!!!!!….. bisanya cuma ngurus haji aja… itupun di korupsi… alquran aj dikorupsi padahal katanya alquran tu turun langsung dari langit… sabda2 nabi yg jadi panutan tapi penggadaanya dikorupsi kata bang roma terrrrlllllaaaalluuuu…… kotor busuk

  6. heri jarminto says:

    Mengapa sampai bulan mei 2013 dana sertifikasi guru swasta depag 2011 belum keluar kendalanya itu…apa…?kpn dana pencairannya…mohon solusinya…agar utang kami ndak bertambah…hanya nunggu terus kpn keluarnya…terima kasih

  7. M. Sudar says:

    tolong donk pak kasih tau NRG saya srtfksi lulus tahun 2011 mapel umum (TIK) dari MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Jawa Tengah,trimsq

  8. ARIf says:

    Sekedar berbagi kepenatan-kejenuhan-keruwetan
    Saya salah satu guru Penjas di MTs Negeri wil Jateng, lulus sertifikasi 2011, sampai detik ini blm ada tanda2 NRG turun, di instansi saya ada +- 15 orang hanya saya ygblum turun NRGnya. Setiap saya tanyakan jawabannya “Sabar dan Berdoa”, kalo sering ditanyakan dicap “Kurang sabar dan eawakal” kalo didiamkan dibilang “kenapa tidak diurus”. Kata “kenapa tidak diurus” mengandur arti $$$$$$???????. Itu masalh sertifikasi yg ada materinya. Sedangkan uusan ijin belajar saja ada embel2nya. Saya salah satu korban aturan “Jarak tempuh” untuk Guru PNS yg melanjutkan studi (S1). Buat rekan-rekan senasib marilah kita berdoa semoga para birokrat diberikan hidayahnya dalam menjalankan tugas sesuai dengan Motto Kemenag “Iklas Beramal”

  9. muhammad ali usri siregar S.Pdi says:

    mencari informasi NRG dengan NUPTK:1344747649200053

  10. arifin says:

    predikat guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, jadi seberat apapun pekerjaan guru dalam mencerdaskan bangsa ini takkan pernah ada pihak yang perduli termasuk pembayaran tunjangan sertifikasi yang lulus 2011 sampai saat ini masih gigit jari, padahal guru orang yang paling loyal terbukti kalau ada pencairan ada saja pihak atasannya yang menguntit, di kemenag guru paling ikhlas beramal terbukti guru tidak ikut-ikutan korup walaupun di lembaga ini terkenal paling korup. aduh nasib guru sampai kapan jadi seperti sapi perah ?

  11. muhnan says:

    saya lulus sertifikasi depag banyuwangi tahun 2011, tp nrg saya sampai blm ada kabr beritanya kapan keluar. kapan ya nrg saya keluar?

  12. Hariri Riri says:

    kapn NRG kami keluar”””’?

  13. mohammadnuruddin says:

    kenapa nrg mapel umum 2012 belum keluar? mhon di jelaskan alasanya

  14. mahmudin says:

    saya lulus sertifikasi thn. 2011 namun sampai saat ini belum punya nrg,bgaimana cara penyelesaiannya?trmkasih

  15. Arif says:

    Sekedar Curhat aja.
    Kasus yang sama, sya guru mapel umum di madrasah wilayah Kab Kebumen Jateng, lulus PLPG tahun 2012, sampai detik ini Senin, 24 Maret 2014 Pukul 10.00 WIB, NRG (SK Dirjen) belum turun, sehingga tunjangan sertifikasi ya blum terima.

  16. Mohamad satori,M.Pd.I says:

    Ya Allah saya mohon turunkan NRG sejak th 2011 kok g cair2,ini cara yang terakhir saya ucapkan sebab kpd siapa lagi kita mengadu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>