Jejaring Wisata Kemenko Maritim Gelar Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Sabang

Sabang I SNN – Jejaring Wisata dan Aksi Sapta Pesona Kemenko Maritim, bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudpar) Sabang, Kamis (12-10-17) Gelar lGerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Gerakan tersebut dilakukan untuk, meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan, dipulau wisata internasional Sabang.

Kegiatan yang berlangsung di kawasan wisata Sabang Fair dihadiri, unsur Forkopimda Kota Sabang, Kepala SKPK, Organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat lainnya. Terlihat dalam pelaksanaannya antusias masyarakat terhadap, kembersihan sangat tinggi.

Kepala Bidang Jejaring Wisata Kemenko Maritim Edi Susilo, usai pelaksanaan gotong-royong bersama itu mengatakan, sebagai Koordinator kegiatan Sail Sabang 2017 pihak Kemenko Maritim akan terus mendorong Kementrian lain untuk bisa mensukseskan Sail Sabang 2017 di Sabang.

Untuk itu diharapkan, agar destinasi-destinasi wisata yang ada di Kota Sabang harus segera dipersiapkan karena yang akan hadir bukannya wisatawan Domestik tetapi wisatawan manca negara., kata Edi.

“Yang menarik pada pelaksanaan Sail Sabang, itu akan menjadi satu peluang bagi Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, dan masyarakat dalam upaya mengembangkan ekonomi lokal terutama pengembangan pariwisata”., ujarnya.

Sementara Asdep Tata kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Pariwisata Oneng Setia Harini mengatakan, pihaknya bertanggung jawab dalam menyiapkan masyarakat agar bisa mendapatkan manfaat ekonomi pada Sail Sabang 2017 yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

Sosialisasi kepada masyarakat dipandang perlu agar masyarakat punya peran bersama-sama dalam membangun pariwisata dengan menjadi tuan rumah yang baik dengan mengimplementasikan unsur-unsur sapta pesona aman, tertib, bersih, sejuk dan indah., katanya.

Pihaknya juga sebut Oneng, telah melakukan pelatihan dan pembekalan kepada 40 pemilik dan pengelola home stay disabang terkait dengan bagaimana pelayanan terhadap tamu dan program untuk pemasarannya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Sabang Drs H Suradji Junus mengatakan, Pemko Sabang telah membentuk panitia lokal untuk mensukseskan Sail Sabang 2017, bahkan rutin melakukan kegiatan gotong-royong hampir diseluruh pelosok dalam Kota Sabang.

Sail Sabang terang Suradji, akan berpusat di Kawasan Pelabuhan CT 3 milik BPKS sementara kawasan Sabang Fair hanya sebagai pendukung untuk kegiatan-kegiatan masyarakat seperti kuliner atau pameran hasil karya masyarakat.

“Untuk kegiatan yang lebih besar akan kita lakukan di Pelabuhan CT 3 milik BPKS, kawasan Sabang Fair hanya sebagai pendukung untuk kegiatan-kegiatan masyarakat seperti kuliner atau pameran”, terang Suradji.(jal/torong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *