Wali Kota Medan Bersama Wakil Ketua DPRD Medan Buka Pasar Murah

Medan | SNN – Pemko Medan menggelar pasar murah di 151 titik yang tersebar di 21 kecamatan yang ada di Kota Medan. Kehadiran pasar murah ini untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan harga di pasaran, guna menyambut bulan suci Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Pembukaan pasar murah ini dipusatkan di Lapangan Widuri Jalan Bajak 2 , Kelurahan Harjosari 2, Kecamatan Medan yang dilakukan langsung Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Ada 8 jenis produk yang dijual di pasar murah yakni beras, gula, tepung terigu, telur, mentega, kacang tanah, minyak goreng serta aneka sirup.

“Harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah telah kita subsidi sehingga jauh lebih murah dari harga di pasaran. Dengan demikian kita harapkan warga kurang mampu dapat membeli untuk memenuhi kebutuhannya, terutama dalam menghadapi bulan puasa. Insya Allah dengan terpenuhinya kebutuhan ini, saudara-saudara kita dapat lebih tenang dan khusuk dalam menjalani ibadah puasa,” kata Wali Kota.

“Satgas Ketahanan Pangan ini setiap hari kita minta untuk melaporkan hasil pantauan yang mereka lakukan. Untuk mendukung tugas Satgas Ketahanan Pangan ini, saya mengajak masyarakat turut membantu dengan melaporkan lokasi maupun tempat yang diduga melakukan pemnimbunan bahan kebutuhan pokok. Yang pasti jika terbukti melakukan penimbunan, pelakunya langsung ditindak tegas,” paparnya.

Sementara itu Wakil ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli mewakili Ketua DPRD Medan mengatakan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD Medan menyampaikan apresiasi atas digelarnya 151 titik pasar murah ini. Melihat manfaat pasar murah ini cukup besar, terutama bagi warga kurang mampu, Iswanda berharap agar anggaran pasar murah tahun depan ditambah lagi.

“Anggaran pasar murah tahun ini sekitar Rp.3,5 miliar saya rasa masih kurang sehingga perlu ditambah tahun depan, Sebab, warga Kota Medan, terutama yang kurang mampu saat ini sangat kesulitan untuk membeli bahan kebutuhan pokok guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan harga yang relatif jauh lebih murah, keberadaan pasar murah ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat,” papar Iswanda.

Sebelumnya, Kadis Perdagangan Kota Medan, Syarief Armansyah Lubis dalam laporannya menjelaskan, pasar murah yang digelar dalam menyambut bulan puasa dan harin Raya Idul Fitri 1438 H, Pemko Medan mengalokasikan subsidi atas barang bahan pokok sekitar Rp.3,5 miliar.

“Selain membantu masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok guna menyambut puasa dan lebaran, pasar murah ini kita gelar dalam rangka mengantisipasi gejolak harga jelang hari besar keagamaan (puasa dan lebaran) sekaligus menekan laju inflasi,” jelas Armansyah. (torong/zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *