Penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Zona Integritas -->

Advertisement


Penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Zona Integritas

Kamis, 11 Januari 2024

 


Samosir | SNN | Langkah strategis menuju birokrasi yang bersih, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, telah mengikuti penandatanganan komitmen bersama pencanangan Zona Integritas, yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Sumut.

Gerakan yang menjadi implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 ini, bertujuan membangun budaya kerja antikorupsi dan meningkatkan pelayanan publik di instansi pemerintah.

Sebagai bagian dari tahap akhir pembangunan jangka menengah nasional, bertempat di Hotel Mariana Samosir, Kamis (11/01/2024) juga dilaksanakan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Zona Integritas yang diikuti oleh Pejabat Tinggi Pratama dan seluruh Kepala Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.

“Tahun 2024 menjadi tahun krusial, dan hari ini merupakan tonggak awal bagi kita dalam mewujudkan 6 (enam) area perubahan untuk memperkuat integritas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara,” kata salah seorang Kakanwil Unit Wilayah di bawah kepemimpinan Yasonna itu.

Jahari juga menyampaikan bahwa Tahun 2023, Kanwil Kemenkumham Sumut berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

“Bagi satuan kerja yang masih mengejar predikat WBK/WBBM, tetap semangat dalam meraih predikat tersebut serta senantiasa untuk terus meningkatkan kepercayaan publik,” kata Jahari.

Laporan Keuangan dan Evaluasi (LKE) WBK/WBBM Tahun 2023 menunjukkan capaian positif. Sepanjang Tahun 2023 periode B03 – B12 sebanyak 30 UPT memperoleh persentase capaian 100%, 5 UPT antara 87-99%, dan 15 UPT antara 12-74%.

“Kami memberi dorongan khusus kepada Kepala UPT yang belum mencapai 100% untuk segera melengkapi data dukung sebelum 26 Januari 2024,” tambah Jahari.

Penandatanganan komitmen ini, bukan hanya mengukir prestasi, melainkan juga menunjukkan tekad untuk menjaga integritas, mendukung reformasi birokrasi, dan memberikan pelayanan publik terbaik di wilayah Sumatera Utara.

“Pencanangan zona integritas hari ini menjadi langkah penting dalam membangun fondasi bersih untuk pelayanan publik yang optimal,” pungkasnya.(rel/torong)