Ketua PPIH Debarkasi Medan: Jemaah Haji Jadi Teladan Untuk Masyarakat -->

Ketua PPIH Debarkasi Medan: Jemaah Haji Jadi Teladan Untuk Masyarakat

Kamis, 06 Juli 2023


Medan | SNN -
Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Debarkasi Medan 1444 H/2023 M H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM mengungkapkan pentingnya meningkatkan kesalehan individu dan sosial bagi jemaah haji. Kesalehan tersebut bukti bahwa haji yang diraih oleh jemaah adalah haji yang mabrur.

Hal ini  disampaikannya saat menerima kedatangan jemaah haji Kelompok Terbang 2 asal  Kab. Deli Serdang di Asrama Haji Medan, Kamis (06/07/2023).

“Kami harap bapak ibu para jemaah untuk meningkatkan kesalehannya baik secara individu maupun sosial. Ibarat bayi yang baru lahir, jemaah telah menyerahkan dan menumpahkan segala kesalahan, kekhilafan, dan seluruh dosa yang diperbuat kemudian meminta agar diampunkan dan kita berdoa bersama tak ada lagi dosa yang masih ditanggung,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Sumut.

Ia juga mengatakan agar para jemaah menjadi panutan baik untuk keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan lingkungan kerja.

“Jadilah teladan bagi masyarakat sekitar. Mulai dari keluarga, lingkungan, dan tempat bekerja. Pengalaman yang didapat selama sebulan lebih di tanah suci adalah bentuk penguatan jemaah menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi panutan sekitarnya, mulai dari perkataan, sikap, dan sifat yang tentu berbeda sebelum berangkat,” tambah Kakanwil.

Kakanwil juga meminta kepada jemaah untuk terus menjaga ukhuwah Islamiyah dalam satu kloter.

“Jangan lupakan para teman, saudara kita selama melaksanakan haji dalam kloter ini. Bentuk pengajian, kegiatan ibadah dan lainnya dalam rangka menjaga silaturahmi, menjaga ukhuwah di kloter ini,” ucapnya.

357 jemaah haji Kelompok Terbang 2 yang berasal dari Kab. Deli Serdang tiba di Bandara Kualanamu Medan pukul 03.20 WIB. Kemudian jemaah dibawa ke Asrama Haji Medan untuk dilakukan prosesi kepulangan. Terlihat juga beberapa keluarga yang akan menjemput jemaah.(rel/torong)