Sambut Jamaah Tapsel di Asrama Haji, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Ingatkan Banyak Minum dan Makan Buah -->

Sambut Jamaah Tapsel di Asrama Haji, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu Ingatkan Banyak Minum dan Makan Buah

Kamis, 15 Juni 2023

 


Medan | SNN - Sekira 188 jamaah calon haji (Calhaj) bersama 6 petugas haji daerah asal Tapanuli Selatan (Tapsel) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 23 Embarkasi Medan, disambut Bupati H Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt., M.M dan Ketua TP PKK Ny. Rosalina Dolly Pasaribu di Asrama Haji Medan, Kamis (15/06/2023) pagi. 

Jamaah calon haji Tapsel ini berangkat dari Masjid Syahrun Nur Sipirok yang juga dilepas Bupati Dolly, Rabu (14/06/2023) malam dan tiba di Asrama Haji Medan, Kamis (15/6) pagi, atau menempuh perjalanan lebih kurang 10 jam menggunakan puluhan bus dan mobil pribadi.

Di Asrama Haji Medan, Bupati Dolly bersama Ketua TPP PKK menyambangi para jamaah dan berbincang saat bertemu dengan Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak. Bupati Dolly juga melihat proses penerimaan jamaah mulai dari cek kesehatan, pembagian paspor, pembagian living cost hingga melihat kamar hotel untuk jamaah berisitirahat. Dari total 194 orang yang berangkat haji tersebut, mayoritas jamaah Tapsel tahun 2023 ini didominasi oleh lanjut usia (lansia). ‘’Jamaah calon haji Tapsel ini mayoritas lansia, ada sekitar 70 persen,’’ sebut Bupati Dolly.

Dolly juga menyebutkan, karena covid kemarin, tahun ini merupakan tahun kedua dirinya melepas dan mengantarkan jamaah calon haji Tapsel dari kampung halaman menuju asrama haji hingga berangkat ke tanah suci melalui Bandara Internasional Kualanamu. Bupati Dolly berpesan agar seluruh jamaah calon haji Tapsel senantiasa menjaga kesehatan. ‘’Jangan lupa menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup, banyak konsumsi air putih dan buah, karena cuaca di Arab Saudi cukup panas dan ekstrim,’’ tuturnya.

Ibadah haji ini, kata Bupati Dolly, adalah ibadah yang mengedepankan fisik, sehingga menjaga kesehatan fisik itu sangat penting dalam ibadah ini. Bupati Dolly juga mengingatkan agar petugas haji daerah selalu memperhatikan dan menjaga jamaah, terutama jamaah lansia. ‘’Saya harap petugas dan jamaah saling koordinasi dan jaga komunikasi dengan baik. Tetap jaga kekompakkan,’’ ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua TPP PKK Kabupaten Tapanulia Selatan, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu. Rosalina menyebutkan, semoga seluruh jamaah calon haji Tapsel ini menjadi haji mabrur dan hajjah yang mabrurah. ‘’Berangkat dengan kondisi sehat dan pulang bertemu keluarga di tanah air nantinya dengan kondisi sehat walafiat pula dan tidak kurang satu apapun,’’ harap Ny. Rosalina Dolly Pasaribu.(torong)