Bupati Labuhan Batu Erik Adtrada Ritonga Lepas Keberangkatan Calhaj Kloter 9 -->

Bupati Labuhan Batu Erik Adtrada Ritonga Lepas Keberangkatan Calhaj Kloter 9

Kamis, 01 Juni 2023


Medan | SNN -
Bupati Labuhan Batu Erik Adtrada Ritonga melepas keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) Kloter 9 Embarkasi Medan menuju Tanah Suci, Arab Saudi, dari Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Kamis (01/06/2023) pagi.

"Kepada semua calhaj kloter 9 yang berangkat pasti gembira karena tidak semua Muslim bisa berangkat menunaikan ibadah haji walaupun ada kelebihan.Karena itu ia berpesan kepada para jemaah agar terus menjaga kesehatan karena ibadah haji adalah ibadah fisik. Agar para jemaah fokus beribadah dan khusyuk, papar Erik.

Selanjutnya kepada Calhaj Jangan pikirkan keluarga di Labuhan Batu, biar kami  yang memikirkan. Semoga kembali dalam keadaan sehat. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, harap ” harap Erik.

Sedangkan Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi  dalam melepas calhaj kloter 9 Emberkasi Medan selamat jalan Calhaj kloter 9.

“Hari ini Bapak Ibu tamu Allah. Sebagai tamu Allah, berarti yang paling tinggi derajatnya. Karena tamu Allah, harus rendah diri,” harap Qosbi.

Qosbi juga meminta kepada jemaah dan petugas haji harus saling tolong menolong, bahu membahu, mengikat rasa ukhuwah islamiyah dan utamakan  pelayanan Calhaj. 

“Kami harap dapat menjalankan seluruh ibadah. Di tempat makbul terutama di Arafah, utarakan kesalahan dan mohon ampun kepada Allah,” harap Qosbi.

Sementara Humas Kanwil Kemenag Sumut Muhammad Yunus mengatakan, jemaah calon haji Kloter 9 berasal dari Karo 10 orang, Labuhan Batu 327 orang, Toba 8 orang, Medan 3 orang dan Pematang Siantar 1 orang.

“Jumlah calon jemaah haji 349 ditambah 8 petugas, jadi 357 orang,” papar Yunus.

Selanjutnya 3 jemaah tunda berangkat karena sakit yaitu Paid Abu Dardo manifest 191, Paijem Sukarmo Abdullah manifest 77 dan Masji Maisaroh Batubara manifest 78. 1 jemaah calon haji dari kloter 7 mengisi seat yaitu Tumi Kemin Saekam manifest 358.

Kemudian pengisian seat dari Kloter 8 sebanyak 3 orang yaitu Manizar Zubir Ganjeh manifest 359, M. Yusdri Konadi manifest 349 dan M Ali Ahmad Abdullah manifest 360.Hingga kloter 9 jumlah Calhaj yang berangkat 3.209, ungkap Yunus.

Salah seorang pengantar Calhaj asal Labuhan Batu sebut saja Rani mengatakan  sangat bahagia keberangkatan tantenya menunaikan ibadah haji dalam kloter 9.

"Dimana tantenya sudah menunggu 7 tahun keberangkatan, semoga tantenya bisa melaksanakan ibadah haji menjadi hajjjah yang mabrur dan kembali ke tanah air sehat walfiat.(torong)