Dinilai Berhasil Dalam Penerapan Penggunaan KKPD, Pemko Banjarmasin Belajar ke Pemko Medan -->

Dinilai Berhasil Dalam Penerapan Penggunaan KKPD, Pemko Banjarmasin Belajar ke Pemko Medan

Selasa, 16 Mei 2023

 


Medan | SNN  - 
Sebagai Pemerintah Daerah pertama di Indonesia yang menerapkan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution dinilai telah berhasil melaksanakan pembiayaan belanja pemerintah menggunakan KKPD. Atas keberhasilan itu, Pemko Banjarmasin berkunjung ke Kota Medan untuk belajar guna mengimplementasikan penggunaan KKPD di Kota Banjarmasin.

Kehadiran rombongan Pemko Banjarmasin ke Kota Medan ini diterima Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala BPKAD Zulkarnain di ruang rapat I kantor Wali Kota, Selasa (16/05/2023). Rombongan Pemko Banjarmasin ini dipimpin langsung Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Arifin Noor.

Dijelaskan Kepala BPKAD, selain tiga Peraturan Pemerintah Pusat, dasar pelaksanaan  KKPD di Kota Medan juga tertuang  dalam Peraturan Wali Kota Medan nomor 55 tahun 2022 tentang tata cara penggunaan dan penyelenggaraan KKPD dalam pelaksanaan APBD. Menurut Zulkarnain, tujuan penerapan penggunaan KKPD ini,  kemudahan penggunaan atau fleksibilitas kartu dengan jangkauan pemakaian yang lebih luas. Selain itu Penggunaan KKPD ini transaksi dapat dilakukan di seluruh penyedia dan barang /jasa menerima pembayaran secara elektronik melalui mesin elektronic data capture.

"Penggunaan KKPD ini juga dapat menjamin Keamanan dalam bertransaksi dan menghindari terjadinya penyimpangan atau fraud. Disamping itu efektivitas dalam pengurangan UP yang menganggur atau Idle Cash dan efesiensi biaya administrasi transaksi pemerintah daerah dari penggunaan UP, serta akuntabilitas pembayaran tagihan daerah dan pembebanan biaya penggunaan UP KKPD," kata Zulkarnain sembari mengungkapkan penggunaan KKPD ini juga sebagai salah satu penggerak ekonomi kota khususnya meningkatkan kesejahteraan UMKM Lokal.

Sementara itu Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengungkapkan bahwa setelah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, perangkat daerah berkeinginan sekali untuk dapat menerapkan KKPD di kota Banjarmasin. Untuk mengimplementasikan penggunaan KKPD ini kami merasa perlu belajar ke Kota Medan.

"Kami ketahui banyak prestasi yang diraih kota Medan salah satunya penerapan penggunaan KKPD. Untuk itu sesuai arahan Bank Indonesia kami diminta belajar ke Kota Medan agar tahun ini penggunaan KKPD dapat diterapkan di kota Banjarmasin," Jelasnya.(fit)