Stand MTQ ke-56 Kota Medan Tonjolkan Produk UMKM -->

Stand MTQ ke-56 Kota Medan Tonjolkan Produk UMKM

Sabtu, 25 Februari 2023

  


Medan | SNN - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-56 Kota Medan yang berlangsung di Stadion Mini USU disemarakkan stand-stand perangkat daerah dan kecamatan di lingkungan Pemko. Seluruh stand menampilkan arsitektur islami dengan dominasi kubah dan menara masjid.

Sebelum membuka perhelatan akbar ini, Sabtu (25/02/2023) Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kahiyang Ayu Bobby Nasution juga mengunjungi stand kecamatan. Stand-stand tersebut juga mengusung berbagai konsep, termasuk mengentengahkan motif-motif etnik. Hal lain yang tampak menonjol, seluruh stand kecamatan menampilkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satu stand yang dikunjungi Bobby Nasution adalah stand Kecamatan Medan Baru. Sebagaimana yang lain, stand ini juga menampilkan suasana islami dengan menonjolkan kubah dan menara masjid di bagian depan atas.  Di kiri kanan stand itu terdapat pula patung unta seolah menyambut kedatangan pengunjung.  

Produk UMKM dari Kecamatan Medan Baru yang dipajang di stand itu cukup menarik perhatian. Bahkan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu tidak ragu membeli produk asal Kecamatan tersebut. Saat itu, Bobby Nasution tampak tertarik pada sepatu lalu membelinya. Sedangkan Kahiyang Ayu membeli sebuah tas sandang buatan tangan bermotif etnik.

Stand Kecamatan Medan Baru ini juga menonjolkan berbagai varian kuliner yang juga menarik perhatian Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Di antaranya adalah  pun menampilkan berbagai varian kuliner. Salah satu di antaranya adalah Sambal Cakalang. Sambal ini cukup khas, karena selain diracik dengan bumbu berupa cabe, bawang merah, bawang putih, terasi, dan minyak, juga dengan irisan-irisan ikan tongkol.

“Sambal ini cukup diminati. Sejak dibuka stand, sudah banyak pengunjung  yang membelinya,” ujar penjaga stand yang merupakan aparatur Kecamatan Medan Baru itu.  

Tidak hanya kerajinan tangan dan berbagai varian kuliner, Kecamatan Medan Baru juga menampilkan minyak urut tradisional “Nek Karo”. Menurut penjaga stand, minyak urut produksi UMKM asal Kelurahan Padang Bulan Gang Napindo Pajak Sore ini berkhasiat antara lain  melancarkan peredaran darah, meredakan pegal dan linu, serta mengatasi masuk angin.

Selain minyak urut “Nek Karo”, tampak pula “Minyak Sere Wangi” dipajangkan. Minyak yang merupakan produk UMKM Kelurahan Darat, menurut penjaga stand tersebut berkhasiat antara lain anti peradangan, anti ketombe, dan dapat mengatasi sakit perut dan kepala.    

Perhelatan MTQ yang dijadwalkan berlangsung sampai 4 Maret 2023 ini memang tampak penuh warna dengan kehadiran stand-stand ini. Di samping itu, stand-stand ini juga menjadi wahana promosi yang bagi produk UMKM unggulan setiap kecamatan.(fit)