Ketua DPRD Medan Dorong Dinkes Lengkapi Alkes Di RSUD Bachtiar Djafar -->

Ketua DPRD Medan Dorong Dinkes Lengkapi Alkes Di RSUD Bachtiar Djafar

Jumat, 13 Januari 2023

  

 


Medan | SNN -Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, mendorong sekaligus meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan untuk melengkapi saranan dan prasarana alat kesehatan (Alkes) di RSUD Bachtiar Djafar Medan Labuhan.

“Ini penting, agar RS milik Pemkot Medan itu bisa menerima rawat inap dan memberikan pelayanan maksimal,” katanya menjawab keluhan warga terkait belum bisanya RS Bachtiar Djafar menerima pasien rataw inap, Jumat (13/01/2023) sore.

Hasyim tidak menampik kalau masyarakat merasa kecewa bila RSUD Bachtiar tidak dapat menerima pasien rawat inap, karena minimnya fasilitas alkes di RS itu. “Padahal, RS tersebut sudah beroperasi sejak 1 Desember 2022 lalu,” ujarnya.

Kondisi ini, sebut Hasyim, menjadi perhatian serius DPRD bersama Pemkot Medan. “Kita (DPRD, red) tetap berkolaborasi dengan Wali Kota Medan dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Sebab, bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas,” katanya.

Hasyim mengaku, dirinya rutin menggelar sosialisasi Perda Kota Medan tentang Sistem Kesehatan. Tujuannya, agar masyarakat dan Pemkot Medan memahami haknya dan kewajiban terkait kesehatan.

Sementara mewakili Dinkes Kota Medan, Sutan Daulay, mengaku RSUD Bachtiar Djafar belum bisa menerima pasien rawat inap. “Hingga saat ini RSUD Bahctiar Djafar hanya bisa menerima rawat jalan di Poly anak, Poli Obgyn, Poli THT dan Poli Gigi,” katanya.

Sebelumnya, Gina, warga Martubung mempertanyakan kenapa RSUD Bachtiar Djafar tidak bisa menerima rawat inap. “Kalau begitu, tidak ada ubahnya dengan Puskesmas hanya melayani rawat jalan dan sebatas rekomendasi,” kata Gina.

Padahal, sebut Gina, kehadiran RSUD Bachtiar Djafar sangat di banggakan warga, karena akan mendapatkan pelayanan kesehatan prima khususnya masyarakat di wilayah utara Kota Medan.(toorng/nur)