Sekda Nias Hadiri BBGRM Tahun 2022 -->

Advertisement


Sekda Nias Hadiri BBGRM Tahun 2022

Jumat, 02 Desember 2022

 


Nias | SNN -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias melaksanakan Bulan Bahakti Gotong Royong Masyarakat  (BBGRM) Tahun 2022 dalam hal ini Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H.,. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Lasara Siwalu Banua Dusun I menuju Desa Sisarahili Ma’u, Kecamatan Ma’u. Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jumat (02/12/2022). 

Mengawali sambutan Bupati Nias yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Samson P. Zai, S.H., M.H., mengajak semua bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan pertolongan-Nya sehingga bisa mengikuti Pelaksanaan Kegiatan Gotong-Royong Masyarakat Kabupaten Nias Tahun 2022.

“Gotong-royong adalah nilai luhur bangsa Indonesia yang telah tumbuh, berkembang, dan menjadi karakter dalam setiap sendi kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat. Nilai-nilai gotong royong telah teraktualisasi diseluruh pelosok tanah air termasuk di Kabupaten Nias yang kita cintai.

Kegotongroyongan telah mengawal bangsa dan negara Republik Indonesia untuk mencapai tujuannya sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Kita harus sadar dan mengakui bahwa setiap tantangan dan gejolak yang dihadapi Bangsa dan Negera Indonesia selama ini dapat diatasi dan dilalui dengan semangat kebangsaan yang ditopang oleh nilai-nilai kegotongroyongan” terang Sekda Kabupaten Nias.

Seperti diketahui bahwa agenda rutin tahunan ini diatur dalam Permendagri No 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat. Hal ini penting untuk dilaksanakan dan terus dipupuk agar semangat kebersamaan dari gotong-royong terus mengakar dan melembaga dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekda Kabupaten Nias menegaskan agar kegiatan ini dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan semangat gotong-royong di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara terus menerus dan berkesinambungan.

“Hal ini mempunyai makna adanya sinergitas semangat gotong-royong masyarakat dalam mendukung visi-misi Bupati Nias, yaitu “Kabupaten Nias Maju” demi tercapainya kesejahteraan masyarakat yang sejahtera secara Bersama-sama” harap Sekda Kabupaten Nias.

Sekda Kabupaten Nias juga mengingatkan tentang semangat kegotongroyongan yang membudaya khususnya di Daerah Kabupaten Nias yang menyatakan

AOHA NORO NILULUI WAHEA,AOHA NORO NILULUI WAOSO,ALISI TA FADAYA-DAYA,HULU TA FAEWOLO-WOLO,NAHA SAMBUA ZONDRA,NAHA SAMBUA LI

TA’OLIKHE GAWONI,TA’OLAI GULI NASI,HARATO SEBUA WAHASARA DODO

Selanjutnya, Sekda Kabupaten Nias membuka secara resmi pelaksanan bulan bhakti gotong-royong Kabupaten Nias di Kecamatan Ma’u Tahun 2022.

Dalam kegiatan ini juga sekaligus dilaksanakan 2 (dua) acara tambahan, yakni:

1. Penyerahan Peralatan Gotong royong secara simbolis kepada Desa Lasara Siwalubanua.

2. Penyerahan Bantuan Sosial di Kecamatan Ma’u sebanyak 13 orang penerima manfaat bantuan sosial Tahun Anggaran 2022.

Penyerahan ini diserahkan langsung oleh Sekda Kabupaten Nias dengan didampingi oleh Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD se-Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten  Nias dan Forkopimka Kecamatan Ma’u.

Kegiatan gotong-royong tersebut turut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Nias,  Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD se-Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten Nias, Forkopimka Kecamatan Ma’u, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Seluruh Peserta Kegiatan Gotong-Royong.(@Kominfo Kab.Nias/SJN)