Mendagri Muhammad Tito Karnavian Buka MTQ VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022 di Sumatera Barat -->

Advertisement


Mendagri Muhammad Tito Karnavian Buka MTQ VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022 di Sumatera Barat

Senin, 07 November 2022

   






Padang | SNN  - 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2022 di Sumatera Barat (Sumbar), Senin (07/11/2022) malam. Pembukaan acara dilakukan di Istana Gubernur Sumbar dan dihadiri oleh sejumlah peserta MTQ yang berasal dari 83 kafilah. Mereka terdiri dari 34 kafilah provinsi dan 49 kafilah kementerian/lembaga (K/L). Gelaran ini mengangkat tema “Korpri Mengaji, Korpri Berbakti, Korpri Berkontribusi untuk Indonesia Mulia”.

Mendagri yang hadir mewakili Wakil Presiden Republik Indonesia mengatakan, MTQ menjadi kegiatan yang sangat penting. Pasalnya, pelaksanaan MTQ menjadi bukti bahwa negara mengakomodir, mendorong, dan melindungi syiar agama Islam, khususnya Al-Quran. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama penyelenggaraan MTQ akan memperkuat keimanan dan keislaman bagi umat Islam.

“Apa yang terkandung di dalamnya (Al-Quran), baik itu berupa perintah maupun larangan-larangan, banyak pedoman-pedoman hidup yang terkandung di dalam itu di samping pengetahuan, lebih dari itu kita harus menyiarkannya meskipun hanya satu ayat,” katanya.

Mendagri membuka MTQ dengan mengucapkan Basmallah, setelah itu diikuti dengan pemukulan bedug bersama dengan Gubernur Sumbar, pengurus Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korpri, dan tokoh terkait lainnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim maka Musabaqah Tilawatil Quran yang ke-VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022 di Kota Padang Sumatera Barat ini, dengan resmi saya nyatakan dibuka,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, MTQ VI Korpri Tingkat Nasional merupakan MTQ perdana setelah pandemi Covid-19 dan menjadi gelaran terbesar dibanding sebelumnya. MTQ merupakan ajang tepat untuk proses pengaktualisasian agama Islam. MTQ mempunyai arti saling berpacu, berkontes, berlomba untuk mencari kebaikan. Hal  ini sebagaimana yang tercantum dalam Q.S. Al-Baqarah Ayat 148. 

Dirinya melanjutkan, pelaksanaan MTQ Korpri mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih dekat dengan Al Quran. Harapannya kedekatan dengan Al-Quran ini akan menjadi motivasi bagi ASN untuk bekerja dan memberi yang terbaik. Nilai tersebut sejalan dengan core values ASN Ber-AKHLAK yang memiliki akronim Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Harapan kita, pelaksanaan MTQ Kopri ini akan berdampak dengan kehidupan sehari-hari ASN. Diamalkan dalam kehidupan para ASN serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran, yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Core Values ASN BerAKHLAK,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, Sumbar ditetapkan menjadi tuan rumah MTQ KOPRI Tingkat Nasional VI Tahun 2022 karena Sumbar memiliki branding yang sangat kuat dalam proses kebangsaan dan ketatanegaraan nasional. Sumbar memiliki tokoh-tokoh seperti Bung Hatta, Haji Agus Salim, Tuanku Imam Bonjol, hingga Rasuna Said. Harapannya ASN bisa meniru integritas, keberanian, kecerdikan, dan keteguhan hati dari para tokoh Sumbar tersebut. 

“Ini akan menjadi dakwah yang bagus, upaya untuk membangun integritas, persaudaraan dalam keberagaman dan memperkokoh persatuan dan kesatuan,” ujarnya.(Puspen Kemendagri/amir torong/irwan)