Rangkaian Kegiatan HANTARU Tahun 2022, Kementerian ATR/BPN Gelar Kejuaraan Catur -->

Advertisement


Rangkaian Kegiatan HANTARU Tahun 2022, Kementerian ATR/BPN Gelar Kejuaraan Catur

Rabu, 19 Oktober 2022

   




Jakarta | SNN -
 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan Kejuaraan Catur dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria atau yang dikenal dengan UUPA. Kejuaraan Catur yang diikuti oleh 44 peserta dari seluruh satuan kerja ini digelar di Aula Prona Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Membuka pertandingan ini, Direktur Pengaturan Tanah Komunal dan PPAT Kementerian ATR/BPN selaku Ketua Panitia Kejuaraan Bulu Tangkis dan Catur, Sepyo Achanto mengungkapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti pertandingan catur meskipun jumlahnya terbatas. “Terima kasih kepada Rekan-rekan yang meski tengah tersibukkan dengan kegiatan pelayanan pertanahan, namun dapat mengikuti pertandingan ini,” ujarnya saat membuka rangkaian kejuaraan.

Ia berharap, pelaksanaan Kejuaraan Catur dalam rangkaian kegiatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) Tahun 2022 berjalan tertib dan tuntas. Sesuai dengan moto pertandingan ini “Bergerak dalam Diam, Lalu Skakmat!”, dapat juga diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari para peserta sebagai pelayan masyarakat dalam bidang pertanahan dan tata ruang.

“Mudah-mudahan kita semua dalam melaksanakan tugas-tugas semua dikerjakan dengan bergerak dalam diam, bekerja dengan tenang, bekerja dengan aturan yang ada lalu skakmat. Artinya, hasilnya terselesaikan dengan baik. Semoga filosofi ini bisa terbawa ke Rekan-rekan Kementerian ATR/BPN,” tutur Sepyo Achanto.

Pertandingan catur antar pegawai Kementerian ATR/BPN ini turut dimeriahkan kehadiran pecatur muda berbakat Indonesia asal Cirebon, Yosep Ibnu Setiawan yang pernah memecahkan rekor MURI bermain catur simultan dengan mata tertutup melawan 50 orang sekaligus. Pada kesempatan ini, Yosep Ibnu Setiawan juga melakukan ekshibisi “Catur Buta” dengan melawan 25 peserta Kejuaraan Catur Kementerian ATR/BPN. 

Usai mengawali dengan melawan Sepyo Achanto, Yosep Ibnu Setiawan juga melawan Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan Kementerian ATR/BPN, Agustin I. Samosir pada akhir pertandingan. Adapun kegiatan ini dipandu oleh Jamaludin selaku perwakilan dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI). (Kementerian ATRBPN/amir torong/irwan)