Menteri BUMN Akan Tingkatkan Kerjasama BUMN-Pemprov DKI -->

Advertisement


Menteri BUMN Akan Tingkatkan Kerjasama BUMN-Pemprov DKI

Rabu, 19 Oktober 2022

 


 Jakarta | SNN - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerima kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/10/2022) pagi. Keduanya melakukan sejumlah pembahasan dalam pertemuan tersebut.

Erick mengatakan pertemuannya dengan Heru merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam membangun ekosistem transportasi publik yang terintegrasi.

"Seperti yang telah saya sering sampaikan, kesuksesan pemerintah ketika kita bergotong-royong untuk membuat program terbaik untuk masyarakat. Kalau teman-teman media ingat, waktu itu seminggu setelah menjabat, saya juga datang ke kantor Gubernur DKI sebelumnya, Pak Anies," ujar Erick usai bertemu Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Erick menyebut kolaborasi BUMN dengan Pemprov DKI selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mensinkronisasikan transportasi yang dimiliki BUMN dan BUMD DKI Jakarta. Erick menyebut Heru juga berkomitmen untuk terus memastikan dan meningkatkan kerja sama yang sudah terjadi antara Pemprov DKI Jakarta dengan BUMN.

"Kedua, kita juga melakukan sinkronisasi aset yang dimiliki BUMN dan pemda untuk menjadi fasilitas publik atau fasilitas mendukung UMKM yang secara nasional jumlahnya sebanyak 65,4 juta dan menjadi 97 persen pembukaan lapangan kerja," ucap pria kelahiran Jakarta tersebut.

Di tengah situasi perekonomian yang penuh ketidakpastian, Erick menilai keberpihakan pemerintah pusat dan daerah menjadi hal yang penting bagi sektor UMKM. Erick mengatakan Presiden Jokowi juga telah mengapresiasi sejumlah program BUMN untuk UMKM, seperti Pasar Digital (PaDi) UMKM sebagai percontohan yang baik.

"Tadi diskusi hampir satu jam lebih, Pak Heru dan saya berkomitmen bagaimana kita 1,5 tahun atau dua tahun ini bisa terus mempercepat, bukan malah mencari perbedaan, tapi justru mempercepat agar ini pelayanan bisa semakin maksimal," kata Erick.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku telah menjadwalkan dan sebelumnya meminta waktu kepada Erick untuk bertemu. Heru ingin kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan BUMN yang selama ini telah berjalan dengan baik dapat terus semakin optimal.

"Saya meminta arahan ke Bapak Menteri BUMN dan menyinergikan apa yang bisa kami perbuat untuk publik dan mempererat transportasi umum dan lain-lain. Sudah ada tahapannya, nanti kami detailkan. Kami pasti akan sering ke bapak Menteri BUMn dan staf bapak untuk mendalami," kata Heru.(amir torong/irwan)