Kementerian ATR/BPN Selenggarakan Pelatihan Teknik Smartphone Photography Guna Menunjang Tugas dan Fungsi di Bidang Kehumasan -->

Kementerian ATR/BPN Selenggarakan Pelatihan Teknik Smartphone Photography Guna Menunjang Tugas dan Fungsi di Bidang Kehumasan

Selasa, 18 Oktober 2022

  



Jakarta | SNN 
- Peningkatan kualitas dan keterampilan pegawai menjadi salah satu fokus Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kali ini, Biro Hubungan Masyarakat (Humas) melaksanakan pelatihan peningkatan keterampilan keprotokolan/kehumasan dalam hal teknik fotografi dengan menggunakan ponsel atau handphone yang diselenggarakan di hotel Gran Mahakam, Jakarta, pada Selasa (18/10/2022). Pelatihan ini ditujukan untuk membuat perencanaan yang baik, pencahayaan, dan menentukan komposisi berupa angle (sudut pandang) dalam foto.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, pelatihan   untuk meningkatkan potensi dan keterampilan para pegawai dibidang fotografi khususnya di Biro Humas agar dapat menunjang tugas dan fungsi kehumasan.

Pelatihan ini untuk  meningkatkan potensi pegawai di bidangnya. Pelatihan fotografi ini bertujuan supaya kemampuan kita terasah dan ter-update dengan hal-hal baru sehingga kemampuan kita jadi lebih baik di era serba digital ini," ujar Yulia Jaya Nirmawati.

Yulia Jaya Nirmawati juga mengharapkan, pegawai yang mengikuti pelatihan ini untuk dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu teknik smartphone photography dengan baik. "Harapan saya semua yang hadir di sini dapat dengan bersungguh-sungguh mengikuti dan nantinya  mendapatkan hasil yang  maksimal dan menjadi profesional," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Herry Tjiang dari Jakarta School of Photography menjelaskan teknik-teknik smartphone photography dengan memperhatikan komposisi dan pengaturan fungsi kamera pada smartphone agar gambar yang dihasilkan dapat memuaskan. Ia juga menekankan untuk memperhatikan segitiga exposure pada kamera antara lain ISO, shutter speed, dan aperature.

"Teknologi begitu penting, asal kita bisa maksimalkan, asal kita tau caranya seperti pada smartphone. Dan maksimalkan dan ketahui fungsi lensa yang ada pada smartphone teman-teman semua," jelas Herry Tjiang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL) pada Biro Humas, Indra Gunawan menuturkan kepada semua pegawai Biro Humas yang mengikuti pelatihan ini agar dapat meningkatkan kualitas dalam teknik fotografi. Ia juga berharap para pegawai dapat menjadi contoh dan bisa menyebarkan ilmu yang didapat ke satuan kerja yang ada di daerah atau bisa disebut Training of Trainer (ToT).

"Sebagai anak muda kalian harus terus mencari, yang diberikan bekal hari ini memang terbatas, namun dengan bekal tersebut kami berharap bisa terus berkembang dan mengembangkan diri mencari kesempatan-kesempatan baru untuk memunculkan kreativitas. Harapannya, teman-teman bisa membantu Kementerian ATR/BPN dalam komunikasi publik," tuturnya.

Dalam pelatihan ini, selain diberikan materi teknis fotografi juga diadakan praktik lapangan langsung dengan dipandu oleh Herry Tjiang kepada pegawai di Biro Humas Kementerian ATR/BPN. (Kementerian ATRBPN/amir torong/irwan)