Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Semakin Masif Sosialisasikan Program Strategis kepada Masyarakat -->

Advertisement


Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Semakin Masif Sosialisasikan Program Strategis kepada Masyarakat

Rabu, 19 Oktober 2022

   



Cianjur| SNN -
 Sosialisasi Program Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kepada seluruh masyarakat sudah melalui beberapa titik kabupaten/kota di Indonesia. Kali ini, Kementerian ATR/BPN bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kembali menyelenggarakan sosialisasi program strategis di Hotel Gino Feruci, Cianjur, pada Rabu (19/10/2022). Tujuan sosialisasi ini agar masyarakat memahami dan ikut serta bersama pemerintah menyukseskan program strategis seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Anggota Komisi II DPR RI, Irwan Ardi Hasman mengatakan kepada peserta sosialisasi kali ini yang umumnya adalah kepala desa di Kabupaten Cianjur, untuk memahami apa itu program PTSL yang sedang dijalankan Kementerian ATR/BPN. Selain itu, ia berharap peran dari para kepala desa untuk menyebarluaskan informasi mengenai program PTSL ke masyarakat yang belum mengetahui, agar seluruh bidang tanah di Indonesia khususnya Kabupaten Cianjur dapat segera terdaftar.

"PTSL adalah program yang sudah berjalan sekitar lima tahun dan Alhamdulilah atas komitmen pemerintah, PTSL menjadi program yang harus selesai segera. Dan kami (Komisi II DPR RI, red) bersyukur bahwa kolaborasi dengan Kementerian ATR/BPN bisa bermanfaat bagi masyarakat Cianjur," ujar Anggota Komisi II DPR RI, Irwan Ardi Hasman.

Ia juga menekankan, peran Kepala Desa menjadi penting untuk mempercepat program PTSL karena kepala desa lebih sering berinteraksi dengan masyarakat dan dapat mengakomodir masyarakat yang mengikuti program PTSL. "Pertemuan kali ini memang saya menginginkan lebih banyak kepala desa karena yang berhadapan dengan PTSL Bapak-bapak kepala desa," ungkap Irwan Ardi Hasman.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur, M. Yusuf mengatakan bahwa selain berkomitmen untuk menyelesaikan PTSL, Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur terus berupaya mewujudkan layanan prima kepada masyarakat. "Pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur terus kita optimalkan agar masyarakat merasa terlayani dengan baik," ujarnya.

Dalam kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN ini juga dilakukan penyerahan sertipikat hasil dari program PTSL kepada 10 perwakilan penerima. Sertipikat diserahkan secara langsung oleh Anggota Komisi II DPR RI, Irwan Ardi Hasman; Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur, M. Yusuf; dan perwakilan dari Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN.

Selain dihadiri oleh para kepala desa di Kabupaten Cianjur, hadir pula dalam kesempatan ini jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur. (Kementerian ATRBPN/amir torong/irwan)