Hingga Kloter 9, 3.519 Jamaah Haji Debarkasi Medan Sudah Tiba di Tanah Air -->

Advertisement


Hingga Kloter 9, 3.519 Jamaah Haji Debarkasi Medan Sudah Tiba di Tanah Air

Senin, 01 Agustus 2022

 


Medan | SNN -
Hingga pemulangan Kelompok Terbang (Kloter) 9, sebanyak 3.519 dari 3798 jamaah haji Hingga Kloter 9, 3.519 Jamaah Haji Debarkasi Medan Sudah Tiba di Tanah Air, kembali ke Tanah Air. Sementara untuk kloter 10, diperkirakan akan tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Selasa (02/08/2022) sekira pukul 04.10 Wib.

Plt Bupati Langkat Sambut Kepulangan Jamaah Haji di Asrama Haji MedanH.Ali Basrah dan Yahdi Hasan Ramud, Anggota DPR Aceh Sambut Kedatangan Jama’ah Haji di Tanah Air1565 Jemaah Haji Sumut Sudah Kembali

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris PPIH Debarkasi Medan, Zulpan Efendi, Senin (01/08/2022).

Disebutkannya, saat ini jamaah yang belum kembali ke Tanah air sebanyak 276 orang. Atau sekira 7,27%. Selain itu ada tiga orang jamaah haji asal Sumut yang meninggal dunia di Tanah Suci.

Dijelaskannya, pada pemulangan Kloter 9 yang tiba Minggu (31/7/2022) malam, terdapat 1 jamaah yang kembali lebih awal bersama Kloter 1 atas nama Elida Muchtar Surya asal Deli Serdang.

Selain itu, satu jamaah lainnya mutasi dari kloter 3 asal Padangsidempuan atas nama Balyan Kadir Nasution dan Elida Mukhtar eks kloter 1.

“Alhamdulillah akan tiba dini hari Selasa(02/08/2022) kloter 10 merupakan kloter terakhir,”katanya.

Sebelumnya, kedatangan jamaah asal Deliserdang, Gunungsitoli dan Pakpak Bharat, Minggu (31/07/2022) malam disambut Kankemenag Gunung Sitoli Dr.H.Hayatshah, Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr Matsyuyito Solin serta panitia PPIH Debarkasi Medan.

Dalam sambutannya, Dr Matsyuyito Solin, mengajak para jamaah haji bersyukur atas nikmat yang diraih dalam pelaksanaan ibadah haji bahkan sampai kepulangan ke tanah air.

Sedangkan, Kakankemenag Gunung Sitoli, Dr H Hayatsyah didampingi Ketua DW Hj.Linda, Kasi Haji dan IPHI Gunungsitoli menyambut baik dan bersyukur karena jamaah haji gunung Sitoli dalam keadaan sehat.

“Alhahamdulillah, jamaah asal Gunungsitoli lengkap 12 jamaah orang dan puas terhadap pelayanan haji tahun ini,”kata Hayatsyah.

Dia juga berharap agar semua jamaah haji ini menjadi teladan di tengah masyarakat dalam pengamalan ajaran agama maupun dalam pelaksanaan sosial kemasyarakatan.

“Meski jumlah jamaah hanya 12 orang, namun diharapkan bisa memotivasi masyarakat muslim di Gunungsitoli untuk meningkatkan pengamalan ajaran agama. Harapan kami semoga menjadi haji mabrur,”pungkasnya.(torong/kas)