Bobby Nasution Datang, Pelaku UMKM di Kelurahan Binjai Merasa Mendapat Berkah -->

Advertisement


Bobby Nasution Datang, Pelaku UMKM di Kelurahan Binjai Merasa Mendapat Berkah

Sabtu, 12 Maret 2022

 


Medan | SNN  -
 Gembira dan lega. Perasaan ini nampak di wajah para pelaku Usaha Kecil Menengah di Jalan Pertiwi, Kelurahan Binjai Kecamatan Denai. Kedatangan Wali Kota Medan, Bobby Nasution ke tempat produksi mereka Sabtu (12/03/2022) siang itu membawa berkah tersendiri: produk sepatu mereka akan dibeli oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan.

Bobby Nasution mendatangi tempat produksi UMKM yang terletak tidak jauh dari masjid setengah jam lebih sebelum masuk waktu Asar. Orang nomor satu Pemko Medan itu tidak sendirian. Dia sengaja mengajak Kepala Bappeda Benny Iskandar, Kepala Dinas UKM dan Koperasi Bennny Iskandar Nasution, Kadis Perdagangan Dammikrot dan Camat Medan Denai agar dapat memberikan solusi atas kendala-kendala yang dihadapi para pelaku UMKM itu.

Sembari melihat proses pengerjaan sepatu wanita itu, dalam rangkaian kegiatan Sapa Lingkungan (Saling) itu  Bobby Nasution meminta pelaku UMKM itu terbuka mengungkapkan permasalahan yang mereka hadapi.

Muslim, salah seorang pelaku UMKM itu, memanfaatkan kesempatan baik itu. Dia mengatakan, selama ini dalam memproduksi sepatu mereka bekerja dengan peralatan manual.

"Saat ini untuk nge-press sepatu kami gunakan peralatan manual. Kami butuh mesin press sepatu," pinta Muslim.  

Mendengar permintaan yang masuk akal itu, Bobby Nasution meminta OPD terkait untuk memenuhi permintaan tersebut. Bukan itu saja. Bobby Nasution juga mengatakan Pemko Medan akan menjadi pasar bagi produk mereka.

"Pengadaan sepatu dinas bagi OPD di lingkungan Pemko Medan harus menggunakan produk UMKM," ucap Bobby Nasution pada Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan Benny Iskandar Nasution.

Dari hasil dialog dengan pelaku UMKM tersebut, Bobby Nasution mendapat informasi, bahwa di tempat pembuatan sepatu itu ada delapan usaha. Untuk itu, dia meminta kepada Kadis Koperasi dan UKM membantu pengurusan pendirian koperasi untuk usaha pembuatan sepatu ini.

"Gabungkan mereka dalam satu koperasi. Setelah itu masukkan produk mereka ke E-Katalog Pemko Medan supaya pengadaan sepatu dinas di OPD bisa para pelaku UMKM ini," perintahnya kepada Kadis Koperasi dan UKM.

Kadis Koperasi dan UKM Medan pun langsung menyatakan segera menindaklanjuti perintah ini. "Hari Senin ini langsung kita buatkan koperasi untuk para pelaku UMKM ini. Ini salah satu wujud dukungan Pak Wali Kota kita agar para pelaku UMKM bisa naik kelas," janjinya.(fit)