Ketua FWP Sumut Berikan Buku Jendral Bersorban Ke Kabid Humas Poldasu -->

Advertisement


Ketua FWP Sumut Berikan Buku Jendral Bersorban Ke Kabid Humas Poldasu

Sabtu, 17 Juli 2021

  


Medan | SNN - Ketua Forum Wartawan Poldasu (FWP) Zulkifli Tanjung memberikan buku ‘Jenderal Bersorban’ kepada Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi. Buku biografi Irjen (Purn) Baharudin Djafar tersebut diberikan Zulkifli dalam suatu kunjungan ke Mapoldasu, Sabtu (17/07/2021)

Buku terbitan Elex Media Komputindo (Kompas-Gramedia) tersebut merupakan tulisan Zulkifli Tanjung dan Riznal Faisal. Keduanya merupakan wartawan senior alumni Jawa Pos Grup. Jenderal Besorban dipilih sebagai judul karena sosok Baharudin Djafar merupakan seorang jenderal polisi yang relegius. Ia juga seorang anggota Jamaah Tablig yang dalam setiap kesempatan selalu mengenakan sorban. 

Biografi Baharudin Djafar sejak kecil hingga pensiun sebagai jenderal polisi bintang dua diungkap tuntas dalam buku ini, termasuk kisah-kisah inspiratif dan humanis yang menyertainya. Sehingga bisa menjadi inspirasi bagi polisi sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Diketahui, Baharuddin Djafar pernah bertugas di Sumatera Utara (Sumut). Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Dairi dan Kapolres Tebing Tinggi. Jabatan terakhirnya di Polda Sumut adalah Kabid Humas, sama seperti jabatan yang saat ini diemban Kombes Hadi Wahyudi.

“Kelak yang menerima buku ini minimal bisa dua kali menjadi Kapolda, seperti Pak Baharudin yang dua kali menjabat Kapolda, yakni Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kapolda Maluku,” doa Zulkifli.

Apa yang disampaikan Zulkifli tidak berlebihan. Kombes Hadi Wahyudi juga dikenal sebagai perwira polisi yang humanis dan relegius. Jika tidak kesibukan, Kombes Hadi selalu mengisi waktu luangnya dengan mengaji.

Kombes Hadi sangat berterimakasih saat menerima buku tersebut. Ia berharap kisah-kisa teladan seorang jenderal polisi dalam buku tersebut, bisa diikuti oleh polisi lainnya dalam bertugas melayani dan mengayomi masyarakat. “Semoga buku ini bisa menjadi inspirasi anggota Polri dalam bertugas. Pungkasnya. (torong./arjuna)