PRODUK UMKM KOLANG-KALING KOTA TEBING TINGGI TEMBUS PASAR EKSPOR -->

PRODUK UMKM KOLANG-KALING KOTA TEBING TINGGI TEMBUS PASAR EKSPOR

Senin, 28 Juni 2021

 


 Tebingtinggi | SNN - Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. menghadiri dan melepas 1 (satu) kontainer ekspor komoditas kolang-kaling produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kota Tebing Tinggi, tujuan negara Filipina, Senin (28/06/2021), di Halaman Balai Kota.

Direktur CV. Kolang-Kaling Sekawan (KKS) Radian Nababan mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi dan berjanji akan terus melakukan inovasi dan promosi.

"Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan Bapak Wali Kota Tebing Tinggi. Kami merasakan komitmen Bapak dalam mendukung kami pelaku usaha, mempermudah dalam ijin. Sesuai arahan Bapak, kami berjanji akan berinovasi, promosi," ucap Radian Nababan.

Sementara disampaikan Pejabat Fungsional Ahli Balai Karantina Belawan Amossudin Silalahi, ST., MT. bahwa pengusaha, pelaku UMKM tidak bisa berjalan sendiri perlu ada dukungan pemerintah. 

"Hari ini saya merasa terharu dan terkesan sekali kepada Bapak Wali Kota Tebing Tinggi, acara pelepasan ekspor ini. Ekspor import bahwasanya pelaku usaha tidak bisa berjalan sendiri, ada tangan pemerintah yang menggandeng kita, disaat pandemi ini, bisa eksport kolang-kaling ini luar biasa. Kepada para pelaku usaha UMKM, kami sarankan 4K, pertama Kualitas, kedua Kuantiti, ketiga Kontiunitas dan keempat, Kreatifitas," jelas Amossudin Silalahi

Disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi, bahwa nantinya ekspor bukan hanya kolang-kaling tapi bisa dikembangkan ke ekspor lain, misal ijuk, lidi dan tebu.

"Ekspor ini bertujuan memotivasi bagi pengusaha yang lain. Bukan hanya kolang-kaling yang bisa diekspor, saya sepakat dengan ijuk, lidi dan tebu. Hanya kemauan, minat dan tentunya eksport mudah dan murah. 4K memang menjadi bahagaian dari kita. Kami mengajak pengusaha muda, UMKM untuk maju," ucal Wali Kota

Ditambahkan Wali Kota bahwa Pemko akan berkomitmen untuk terus memajukan UMKM, bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Balai Karantina Belawan.

Wali Kota juga berpesan kepada para pengusaha dan pelaku UMKM lainnya agar dapat mengikuti jejak CV. KKS untuk melakukan ekspor produk-produk yang dihasilkan. Dan untuk CV. KKS Wali Kota berpesan agar dapat menjadi pelopor produk ekspor UMKM Kota Tebing Tinggi.

"Oleh karena itu kepada kita semua, jangan berhenti dan komitmen kami akan push terus menerus dan kami akan meminta kepada OJK dan Balai Karantina Belawan untuk memberikan penyuluhan keilmuan kepada para pengusaha dan pelaku UMKM," tambah Wali Kota.

"Kami atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terimakasih kepad CV. Kolang-Kaling Sekawan, jadilah pionir, jadilah pelopor. Dan mudah-mudahan akan dicatat dalam sejarah Kota Tebing Tinggi." Tutup Wali Kota.

Acara diakhiri dengan pemecahan kendi dan potong pita melepas 1 kontainer kolang-kaling produk UMKM Kota Tebing Tinggi ke Negara Filpina.

Turut hadir Wakil Ketua I DPRD H.M. Azwar, S.Si, Pejabat Fungsional Ahli Balai Karantina Belawan Amossudin Silalahi, ST., MT., Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.ST., M.Si, perwakilan Pimpinan OPD terkait, Camat Rambutan Marwansyah Harahap, Direktur CV. KKS Radian Nababan, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perwakilan Bank Indonesia (BI), rekan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) dan tamu undangan. (torong/nur)