Fraksi Partai Nasdem : Masih Rendahnya Minat Baca Masyarakat -->

Fraksi Partai Nasdem : Masih Rendahnya Minat Baca Masyarakat

Senin, 24 Mei 2021

  

Medan | SNN- Fraksi Partai Nasdem DPRD Kota Medan mencatat masih rendahnya minat baca masyarakat saat ini, tidak hanya di Kota Medan akan tetapi merata diseluruh daerah. Sehingga menggerus bacaan fisik. Artinya dunia saat ini telah bergeser ke proses digital, buku tidak lagi diminati bahan tidak lama lagi akan bergeser ke paperless (tanpa kertas).

“Konidis ini perlu kita sikapi dengan bijak, untuk menumbuhkan minat baca tidak cukup Pemerintah Kota (Pemko) Medan membangun banyak perpustakaan, akan tetapi yang lebih utama adalah memhami kebutuhan masyarakat akan bahan bacaan dan fasilitas pendukung juga sangat penting,” kata Habiburrahman Sinuraya dari Fraksi Parta Nasdem DPRD Kota Medan, Senin (24/05/2021) di rapat paripurna pemandangan umu terhadap nota pengantar kepala daerah atas Ranperda tentang penyelenggaraan Perpustakaan.

Habib juga menyebut, Pemko Medan juga harus menyediakan akses internet yang cepat dengan  sebaran hotspot gratis diberbagai wilayah, sehingga masyarakat bisa mengakses bahan-bahan bacaan versi digital.

Dijelaskannya, sebagaimana teruang dalam Ranperda pasal 9 mengenai perpustakaan umum yang diselenggarakan oleh Pemko Medan  sampai ke tingkat kelurahan, Pemko Medan juga harus menyediaakan perpustakaan online  yang menampung  bahan bacaan digital, sehingga  bisa diakses  semua orang secara online.

Sekaligus melakukan proses digitalisasi bahan-bahan pustaka guna menyelamatkan bahan pustaka tersebut dari proses pelapukan karena umur maupun serangan serangga lainnya. Dan, Pemko Medan harus  dapat menempatkan pustakawanyang memiliki kemampuan dan sertifikasi tenaga perpustakaan dan sumber daya manusia (SDM) perpustakaan harus lebih baik dan seragam.

“Untuk itu, kita berharap agar kiranya Ranperda ini nantinya dapat dibahas lebih mendalam lagi dalam panitia khusus (di DPRD Kota Medan), sehingga mampu menghasilkan peraturan daerah yang berdaya guna dan berdaya asaing guna mewujudkan masyarakat Kota Medan yang lebih cerdas dimasa-masa mendatang,” ujarnya.(torong/nur)