DPRD Medan Apresiasi Pengoperasian Kesawan City Walk -->

Advertisement


DPRD Medan Apresiasi Pengoperasian Kesawan City Walk

Senin, 29 Maret 2021

  


Medan | SNN - Kesawan City Walk yang baru disoft launching oleh Walikota Medan bobby Afif Nasution, Minggu (28/03/2021) mendapat apresiasi dari anggota DPRD Medan.

Anggota DPRD Medan Burhanuddin Sitepu di ruangan kerjanya, Senin (29/03/2021) mengungkapkan, dengan dioperasikannya kembali Kesawan City Walk yang dulunya juga pernah digagas oleh mantan Walikota Medan Abdillah yang disebut Kesawan Square itu, merupakan salah satu daya tarik bagi investor baik lokal maupun luar untuk ikut menggerakan roda ekonomi kota Medan.

Bagaimana hasilnya, menurut Burhanudin yang juga Ketua DPC Partai Demokrat kota Medan ini, itu merupakan bagian daripada satu kebijakan yang perlu didukung. Apalagi sumber anggarannya berasal dari pihak ketiga. Bukan dari APBD, dari mitra, dari orang yang mendapatkan manfaat dari bisnis di Kota Medan. “Jadi tidak terganggu yang namanya APBD. Dan itu bagian daripada spesifik yang mungkin baru kali pertama di Medan ini dibuat. Hingga pada akhirnya rasa ingin tahu masyarakat itu tinggi,” ujarnya.

Dikatakannya, Sepanjang pembukaan Kesawan City Walk tujuannya positip, tidak ada hal-hal krusial sifatnya terganggu pihak lain, sah-sah saja dilakukan. Hanya saja kalau berbicara dengan timingnya, apakah pas dengan timing sekarang yang masih Pandemi Covid 19. Apalagi empat hari lalu Medan kembali ke zona merah. “Jadi kalau ini jadi pertimbangan, hanya saja tinggal masalah implementasi di lapangan. Jika 5 M bisa dikedepankan, pengawasannya ketat apa salahnya,” imbuhnya.

Kalau dibanding dengan maksud tujuannya positif, hanya saja dikaitkan dengan situasi saat ini, memang bisa terjadi beda pendapat dan tafsiran. “Kita juga berharap jika memang sepakat hal tersebut mau dilakukan, jangan dikesampingkan suara-suara dari masyarakat setempat. Tolong didengarkan juga sebagai masukan. Mana tau waktunya mau diperpendek, tanggungjawab pelaksana ketika pagi hari itu jangan sampai berceceran kotoran yang bisa mengundang ketidaknyamanan bagi pengguna lalulintas dan masyarakat setempat yang tinggal di kawasan itu,” pesannya.

Lalu dari sisi keamanan. Jangan karena ada kerumunan di lokasi membuat masyarakat setempat terganggu. Sepanjang hal ini bisa terpenuhi saya kira secara pribadi saya katakan apa salahnya tidak ditindaklanjuti.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala. Menurut politisi PKS tersebut, dibukanya kembali Kesawan Square yang kini menjadi Kesawan City Walk sangat bagus. Apalagi di kawasan yang juga dibuka di masa Walikota Medan Abdillah tersebut merupakan lokasi yang memiliki nilai sejarah maupun sebagai lokasi dijual benda-benda yang unik yang mungkin tidak ditemukan di daerah lain kecuali di Medan.

“Ketika kesawan ini dibuka kembali oleh Walikota sekarang, kita apresiasi. Dengan dibukanya kembali akan membuat warga Medan paham bahwa lokasi tersebut merupakan tempat yang ada benda-benda bersejarah dan merupakan tempat-tempat bersejarah yang nantinya generasi kita tahu bahwa lokasi itu mengandung nilai sejarah,” jelasnya sembari mengingatkan bagi pedagang maupun pengunjung agar tetap menerapkan prokes. Sementara para petugas harus ketat melakukan pengawasan.(torong/nur)