Komisi II DPRD Medan Dorong Pemko Benahi RS Pirngadi -->

Komisi II DPRD Medan Dorong Pemko Benahi RS Pirngadi

Selasa, 01 Desember 2020

 Medan | SNN - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan sepakat mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelontorkan dana puluhan miliar rupiah untuk pembenahan Rumah Sakit (RS) Pirngadi Medan. Bantuan dana sebagai investasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama pelayanan kesehatan,Selasa (01/12/2020).

Komisi II merekomendasikan penambahan anggaran untuk pembenahan perbaikan infrastrukrur di RS Pirngadi. Dewan mengaku prihatin dengan kondisi RS Pirngadi yang terus mengalami devisit. Parahnya, pelayanan kesehatan semakin memburuk.

Seperti yang disampaikan anggota Komisi II DPRD Medan Afif Abdillah menyebut, RS Pirngadi sebagai salah satu ikon Kota Medan harus dipertahankan. Untuk itu, segala bentuk bantuan ke RS type B milik Pemko Medan itu harus diprioritaskan.

“Saya minta DPRD dan Pemko Medan harus sepakat menyelamatkan RS Pirngadi tetap menjadi kebanggaan masyarakat Medan. Bentuk dukungan jangan setengah hati. Mulai dari bantuan anggaran dan manajemen pelayanan patut didukung. Jika ada akar permasalahan supaya dituntaskan, ” ujar Afif Abdillah selaku Ketua Fraksi Nasdem DPRD Medan itu.

Disampaikan Afif Abdillah, imej buruk yang timbul saat ini terhadap RS Pirngadi harus dipulihkan. Tentu tambah Ketua DPD Partai Nasdem Kota Medan itu, segala hal yang buruk supaya diperbaiki.

“Infrastruktur yang rusak supaya diperbaiki. Buruknya pelayanan akibat minim sumber daya manusia supaya ditingkatkan. Kurangnya fasilitas alat kesehatan dan tenaga medis supaya ditambah. Intinya segala kekurangan harus dibenahi,” saran Afif Abdillah.

Hal yang sama dikuatkan Ketua Komisi II DPRD Medan Surianto, kesan buruk yang timbul selama ini terhadap RS Pirngadi harus dihilangkan. “Sering timbul emej buruk terhadap RS Pirngadi, orang sakit bertambah sakit jika masuk ke RS. Kesan itu harus kita hilangkan mulai sekarang. RS kebanggaan kita itu harus kita pulihkan kepercayaaan masyarakat. Kita dukung penambahan anggaran,” ujar Surianto.

Sementara itu Dirut RS Pirngadi Medan Suriadi Panjaitan memaparkan, pihaknya saat ini membutuhkan anggaran perbaikan eskalator, perbaikan Genset, AC, perawatan gedung dan perbaikan infrastruktur lain. Selain itu, pihaknya juga yang membutuhkan penambahan alat kesehatan dan pengadaan obat. (torong/zul)