Pemko Tebing Tinggi Terima WTP Diserahkan Kabid PAPK Kanwil DJPB Provsu -->

Pemko Tebing Tinggi Terima WTP Diserahkan Kabid PAPK Kanwil DJPB Provsu

Kamis, 12 November 2020

 


Tebing Tinggi | SNN - Walikota Tebing Tinggi  Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menerima Piagam Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) Atas Capaian Opini WTP yang diberikan langsung oleh Kabid PAPK Kanwil DJPB Provinsi Sumatera Utara Mercy Monika R Sitompul di Kantor KPPN Jalan Sutoyo Kota Tebingtinggi, Kamis (12/11/2020).

Dalam arahannya, Kabid PAPK Kanwil DJPB Provinsi Sumatra Utara, Mercy Monika mengucapkan terima kasih atas bisa diberikannya penghargaan WTP Atas Capaian ini WTP kepada Kota Tebingtinggi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Sergai tahun 2019 walaupun saat ini masih Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut rapat kerja Akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh Kementrian Keuangan pada tanggal 22 September 2020 secara virtual.

Dijelaskan Mercy, untuk Provinsi Sumatera Utara dari 33 Kabupaten Kota yang ada, 21 Pemerintah Daerah berhasil mendapat Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tahun ini Kota Tebingtinggi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Sergai kembali menerima Opini WTP atas LKPD tahun 2019, hal ini merupakan capaian yang sangat membanggakan dan patut diapresiasi.

"Sebagai wujud apresiasi pemerintah atas capaian tersebut, Mentri Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Kota Tebingtinggi, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Sergai berupa piagam WTP karena telah berhasil memperoleh opini terbaik dari BPK RI," bilangnya.

Ditambahkan Mercy, capaian opini terbaik atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari praktik pengelolaan keuangan negara yang sehat dan sesuai dengan perundang undangan dan best practice. 

Capaian opini terbaik bukan semata mata ditentukan oleh penyakit laporan keuangan yang berkualitas dan kecukupan pengungkapan tetapi juga di topang oleh aktifitas sistem pengendalian intern yang memadai kepatuhan kepada perundang undangan.

"Capaian WTP merupakan bagian semakin meningkatkan tata pengelola keuangan di Pemerintah Daerah, bukan hanya mengelola uang negara, barang milik negara, tetapi ini tanggung jawab dalam melaksanakan funsi pemerintahan didaerah," paparnya.

Wali Kota Tebingtinggi  Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM mengucapkan "terima kasih, penghargaan WTP ini didapat berkat kerja keras Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dan WTP ini setiap tahun penilaian selalu berbeda, dimana kita harus mampu menata administrasi, menata aset dan kita melakukan sistem pembayaran secara online dan itu harus dilakukan secara sebaik baiknya.

"Kami menyatakan bahwa saat ini peran digitalisasi merupakan bagian yang kita lakukan saat sekarang ini, pembayaran dilakukan dengan terbuka dan transparan, kami menyatakan kami sudah berbuat sebellum ada dukungan dengan pemerintah pusat, tentu kami mengharapkan banyak arahan, bimbingan dan saran, agar kami bisa mengoptimalkan daerah," urai Walikota.(torong/nur)