Pjs Wali Kota Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2020 -->

Pjs Wali Kota Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2020

Kamis, 22 Oktober 2020

  


Medan | SNN - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2020 secara virtual di Command Center Balai Kota Medan, Kamis (22/10/2020). Tujuannya, guna menyamakan visi, misi, langkah dan persepi dalam menghadapi dan mengendalikan inflasi di Indonesia.

 Selain Pjs Wali Kota, rakornas juga diikuti sejumlah menteri, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Agung Firman Sampurna, Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), para gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia. Diharapkan, melalui Rakornas tersebut didapatkan sejumlah formula penanganan masalah inflasi terlebih di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

 Usai mengikuti rakornas, Pjs Wali Kota mengatakan akan mengkoordinasikan sejumlah langkah dengan unsur terkait agar kondisi perekonomian di Kota Medan dapat kembali normal di tengah terpaan virus yang sampai saat ini belum dapat diprediksi kapan akan berakhir tersebut.

 "Perlu ada langkah-langkah optimalisasi lewat program terencana sehingga angka dan laju inflasi dapat terkendali. Semoga, koordinasi yang ada dapat membawa perubahan signifikan terutama dalam percepatan recovery di sektor ekonomi," kata Pjs Wali Kota.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya melalui sambungan virtual mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia berdampak pada semua sektor kehidupan termasuk sektor ekonomi. Hal tersebut juga mempengaruhi daya beli masyarakat yang berpengaruh pada tingkat dan laju perekonomian.

"Untuk mendorong bangkitnya perekonomian, pemerintah melakukan dan menyusun berbagai skema lewat program-program bantuan kepada masyarakat di antaranya bantuan langsung tunai yang diharapkan dapat memacu daya beli guna proses pemulihan ekonomi nasional (PEN). Oleh karenanya, mari kita bangun harapan dan semangat sehingga ekonomi bangkit, Indonesia sehat demi menuju Indonesia yang maju," pungkas Presiden.(torong/fit)