PEMKO TEBING TINGGI JALIN KERJASAMA DENGAN RS ADAM MALIK -->

PEMKO TEBING TINGGI JALIN KERJASAMA DENGAN RS ADAM MALIK

Rabu, 21 Oktober 2020

  


Medan | SNN - Walikota Tebing Tinggi Bapak Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara RS Adam Malik dalam hal memberikan pembinaan, pengetahuan dan meliputi pendidikan, penelitian dan pengembangan pelayanan di bidang kedokteran, kedokteran spesialisasi, kedokteran gigi, kepegawaian, kefarmasian serta pelayanan penunjang medis dan non medis di Aula RS Adam Malik di Medan, Rabu (21-10-2020).

Dalam kerjasama tersebut dilakukan pemanfaatan kemampuan, optimalisasi sumber daya dan fasilitas yang dimiliki RS Adam Malik dalam rangka pelaksanaan peningkatan dan pengembangan pelayanan jantung dan pembuluh darah di RSUD Kumpalan Pane Tebing Tinggi melalui program sistem hospital.

Melakukan kerjasama dalam hal pemeriksaan sampel  RT-PCR melakukan kerjasama pelayanan dalam hal penyelenggaraan telemedicine meliputi telekonsultasi teleradioaktif, teleelektrokardiografi dan teleultrasonografi.

Walikota Tebing Tinggi Bapak Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan,MM didampingi Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Direktur RSUD dr Kumpulan Pane dr.Yohnly Boelian Dachban di terima langsung Direktur RS H Adam Malik dr. Zainal Safri Spanyol, PD-KKV, Sp.JP(K). 

Walikota menyambut baik kerjasama antara RSUD dr. Kumpulan Pane dengan RS. Adam Malik Medan, "Kerjasama yang baik hospital ini kedepan harus selalu intens dan berkelanjutan dengan hasil yang memuaskan. Mengapa, karena Kota Tebing Tinggi mempunyai misi sebagai Kota jasa dalam pelayanan kesehatan dan jasa pendidikan di Tebing Tinggi ada lima rumah sakit besar yang melayani kesehatan Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batubara" Imbuh Walikota.

"Jadi dengan adanya kerjasama ini, kami ingin meningkatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang ada di Tebing Tinggi, bahkan dengan kerjasama ini, kita bisa meningkatkan keilmuan tenaga medis maka kami juga akan tetap meningkatkan pelayan RSUD dr Kumpulan Pane Kota Tebingtinggi," jelas Walikota. 

Ditambahkan Walikota  di Tebing Tinggi ada tercatat sebanyak 40 dokter umum, dokter spesialis 26 orang, mereka ini akan dilatih terkait peningkatan keilmuan dan membantu menejemen di sebuah rumah sakit dalam sebuah peningkatan pelayanan sehingga rumah sakit nantinya bisa berbenah secara mandiri.

"Dalam menangani Covid-19, rumah sakit kami sudah memiliki ruangan isolasi dan ruang icu, tetapi tenaga medis ahli dan peralatan dalam menangani penderita Covid-19 belum lengkap seperti ruangan ventilator belum ada, jadi adanya kerjasama ini, kedepan RSUD dr Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi bisa lebih maju lagi. 

Untuk pelayanan penyakit jantung di RSUD dr Kumpulan Pane mendatang, kami butuh pembinaan dari RS H Adam Malik," Harap Walikota. 

Sedangkan Direktur Utama RS. H Adam Malik dr. Zainal Safri menjelaskan bahwa MoU inilah yang pertama dilakukan dengan rumah sakit milik pemerintah, impian kami dengan kerjasama ini kedepan bersama tim yang ada bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di RSUD dr Kumpulan Pake Kota Tebing Tinggi.

"Saya berharap untuk pelayanan medis jantung, kita mulai bisa bergerak, kami ingin memberikan pelayanan sistem hospital dengan akan membimbing mereka (dokter) dalam pelayanan jantung dan VCR, untuk pendidikan dokter jantung akan kita sediakan, kemudian kita ada pelayanan dalam pendidikan, pelatihan serta ada penelitian, kerjasama ini diharapkan bisa berlangsing dengan baik, saya akan sepenuh hati membimbing RDUD dr Kumpulan Pane kedepan bisa lebih maju dan lebih baik dalam memberikan pelayanan kesehatan," Jelas Dirut RS Adam Malik tersebut.(torong/nur)