KPU Kota Medan Gelar Simulasi E-Rekap Baik Penghitungan Suara -->

KPU Kota Medan Gelar Simulasi E-Rekap Baik Penghitungan Suara

Minggu, 25 Oktober 2020

 Medan | SNN - Komisi Pemilihan Umum Kota Medan menggelar kegiatan Uji Coba Sirekap di TPS dalam Pilkada Medan 2020 yang di kantor KPU kota Medan, Sabtu (24-10-2020).

Kegiatan ini diikuti seluruh PPK peserta Pilkada Kota Medan 2020.

"Ini baru uji coba , KPU masih menunggu PKPU-nya yang akan diterbitkan KPU RI  dan ini merupakan persiapan saja," ujar Komisioner Divisi Teknis M Rinaldi Khair kepada wartawan, Minggu(25-10-2020).

Sebelumnya, Ketua KPU kota Medan Agussyah Ramadhan Damanik mengatakan KPU  sedang melakukan persiapan bimtek e-rekap suarat suara hasil pilkada dan simulasi  perhitungan surat suara dan disosialiasasikan pada jajaran PPK.

Oleh karena itu, KPU  bersiap-siap dan ini  merupakan kebijakan nasional kemungkinan akan diterapkan pada pilkada bagi daerah yang telah siap . Simulasi ini  akan menjadi bahan evaluasi yang akhirnya akan memberikan masukan apa saja yang manjadi kekurangan dan kelebihannya

Di mana pertama E - Rekap ini berbasi IT  kedua sistim ini akan menyederhanakan perhitungan suara dengan cara kerja  plano C akan difoto dan dikros cek bersama dengan petugas KPPS serta saksi paslon setelah itu dikirim ke server .

"Banyak kegunaannya dan ini akan memutus tahapan yng panjang serta menghemat waktu," ujar Agussyah.

Agussyah menambahkan, sistim E-Rekap ini tetap melaksanakan pleno di setiap tingkatan baik itu PPK.

"Bagi penyelenggara di TPS nantinya akan mengunakan hp sistim androit dalam pelaksanaan E- Rekap," paparnya.

Tidak sampai di sini saja, KPU  Kota Medan akan terus-menerus  melakukan bimtek sampai tingkat PPS sehingga petugas penyelenggara benar- benar dapat menguasai pengguna Sirekap ini yang berbasis IT.

" Ini merupakan persiapan awal saja,"  pungkas Agussyah optimis.

Sementara itu dalam pelaksanaan simulasi e-rekap yang digelar ini, KPU Kota Medan telah menyiapkan dua TPS yaitu TPS 31 dan TPS 32 sebagai tempat simulasi E-Rekap. Di TPS terdapat petugas KPPS, saksi serta pengawas. 

Simulasi ini dipimpin langsung anggota KPU Kota Medan Divisi Teknis M Rinaldi Khair dibantu  staf KPU kota Medan dan disaksikan petugas PPK seluruh kota Medan.(torong/arj)