Pembukaan MTQ Ke37 Tingkat Provinsi,Gubernur Tekankan Kerja Keras LPTQ Menghadapi Musabaqah Nasional -->

Pembukaan MTQ Ke37 Tingkat Provinsi,Gubernur Tekankan Kerja Keras LPTQ Menghadapi Musabaqah Nasional

Sabtu, 05 September 2020



Tebing Tinggi | SNN  - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Kota Tebing Tinggi, resmi dibuka oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan bacaan Alfatiha dan sirene di hadapan ribuan masyarakat dan peserta di Lapangan Sri Mersing, Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Sabtu (05-09-2020).

Gubernur menekankan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk lebih bekerja keras menyiapkan para peserta hingga melahirkan juara untuk dipersiapkan menghadapi MTQ tingkat nasional yang akan berlangsung November mendatang di Sumatera Barat. Karena itu, Dewan Hakim pada penyelenggaraan MTQ ke-37 tahun 2020 tingkat provinsi ini benar-benar menyeleksi seluruh kafilah yang akan bertanding.

Gubernur menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ kali ini, serta masyarakat yang antusias menyaksikan kegiatan tahunan tersebut, meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19. Sebab menurutnya, agenda ke-Islam-an seperti ini biasanya membawa rahmat dan ketenteraman bagi seluruh makhluk Allah sebagaimana hadirnya Islam dalam kehidupan manusia.

“Saya berharap semua bisa berbuat yang terbaik untuk syiar Islam. Karena Islam itu adalah rahmatan lil alamin, rahmat seluruh alam,” sebut Gubernur didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Berarti memang Sumut ini gudangnya (qori/qoriah, hafiz/hafizah dan lainnya). Saya percaya Ketua LPTQ bertanggung jawab melakukan yang terbaik bagi kita semua. Karena kondisi Covid-19 sekarang ini, kita harus sehat dan produktif. Jangan karena Covid-19 kita jadi manusia yang kalah, ujar Gubernur.

Sementara Ketua LPTQ Sumut Asren Nasution dalam sambutannya menyebutkan bahwa hasil kunjungan mereka ke berbagai kabupaten/kota, semangat seluruh kafilah tidak surut untuk terus belajar dan berlatih mempersiapkan diri memberikan prestasi terbaik pada MTQ yang juga telah lama dinantikan. Padahal saat ini, kondisi pandemi Covid-19 belum selesai.

“Mudah-mudahan, melalui lantunan bacaan Alquran dan suara para huffaz yang terus berkumandang, menjadi semangat dan obat penyembuh, daya tangkal terhadap segala marabahaya dan bala bencana di Sumut dan seluruh wilayah nusantara. Kiranya suasna batin ini dapat terus ditumbuhkan, sehingga dapat melahirkan peserta untuk tingkat nasional dan internasional,” jelas Asren.

Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas perhatian besar kepada pelaksanaan MTQ Provinsi. Begitu juga para kafilah dan rombongan dari kabupaten/kota lainnya, dirinya menyambut baik kehadiran masyarakat luas dalam musabaqah yang digelar di kotanya ini.

“Sesuai arahan Bapak Gubernur, bahwa sebelum dimulai acara ini, di Tebing Tinggi telah dilakukan istighosah, doa bermunajat kepada Allah SWT agar acara ini dapat berjalan dengan lancar. Diridhoi oleh Allah dan tentunya membuahkan hasil yang bisa membawa nama harum Sumatera Utara,” jelasnya.

Alhamdulillah, 501 panitia telah dirapid test, dan syukurnya tidak ada yang reaktif. Untuk menjamin itu juga, bahwa kami mengerahkan 50 tenaga dokter, 100 tenaga kesehatan dan kami juga mengadakan pembatasan terhadap pengunjung di dalam setiap venue sesuai kapasitasnya, harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-37 tingkat Provinsi Sumut Oki Doni Siregar menyebutkan bahwa sebanyak 1.197 orang kafilah akan mengikuti kegiatan ini dengan pembagian 7 cabang yakni Seni Baca Alquran, Hafalan Alquran, Tafsir Alquran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Seni Kaligrafi Alquran dan Karya Tulis Ilmiah.

Selain itu, dari penyelenggaraan ini, juga disiapkan dana kesejahteraan bagi peserta berprestasi sebesar Rp1,15 Miliar dari LPTQ. Ditambah dengan pemberian hadiah umrah kepada juara 1,2 dan 3 kategori dewasa dari Pemko Tebing Tinggi dan Pemprov Sumut.

Gubernur  Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, Sekdaprov Sumut R Sabrina beserta para pimpinan OPD, Bupati Batubara Zahir, Tuan Guru Babussalam Zikmal Fuad, Mantan Menteri Agama RI Said Agil Husein Almunawar, Ketua PB Alwashliyah Yusnar Yusuf dan rombongan mengunjugi stan pameran UMKM yang memeriahkan pelaksanaan kegiatan tersebut.  (torong/nur)