Sekda & Pimpinan OPD Ikuti Detik-Detik Proklamasi Di Istana Merdeka -->

Advertisement

Sekda & Pimpinan OPD Ikuti Detik-Detik Proklamasi Di Istana Merdeka

Senin, 17 Agustus 2020


Medan | SNN - Dengan penuh khidmat, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke 75 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, melalui sambungan virtual di Command Center Balai Kota Medan, Senin (17-08-2020). Upacara kali ini berlangsung berbeda karena dilaksanakan di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo. Sebelumnya, peringatan Detik- Detik Proklamasi diawali dengan tembakan kehormatan sebanyak 17 kali oleh prajurit TNI. Kemudian dilanjutkan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Bahkan, naskah asli Teks Proklamasi Kemerdekaan RI bertulis tangan Presiden RI pertama Soekarno, juga dihadirkan dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

 Usai pembacaan teks proklamasi, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan doa yang dibawakan Menteri Agama RI Fachrul Razi. Setelah itu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) bersiap untuk mengibarkan Bendera Merah Putih. Namun kali ini, jumlah anggota Paskibraka yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia berkurang drastis guna mengikuti protokol kesehatan.

 Didampimgi Asisten Administrasi Umum (Asmum) Kota Medan Renward Parapat, Asisten Eknonomi & Pembangunan (Ekbang) Khairul Syahnan dan Kepala Bappeda Irwan Ritonga, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengikuti seluruh rangkaian Upacara HUT ke 75 Kemerdekaan RI hingga selesai.        

 Dikatakan Sekda, peringatan HUT RI menjadi momentum meningkatkan semangat untuk melakukan yang terbaik bagi Indonesia khususnya Kota Medan melalui kemampuan, kapasitas dan bidang masing-masing sehingga visi misi Kota Medan menjadi kota metropolitan yang multikultural, humanis, sejahtera dan religius dapat terwujud.

"Momentum peringatan HUT RI hendaknya semakin meningkatkan kecintaan kita pada Indonesia khususnya Kota Medan. Selain itu, semakin memacu diri untuk berkontribusi, melakukan yang terbaik. Dengan begitu, manfaat dan hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara adil dan merata, terutama meningkatkan semangat kita bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan," kata Sekda. (torong/fit)