Kapoldasu Dan PJU Hadiri Panen Raya Masyarakat Toba -->

Kapoldasu Dan PJU Hadiri Panen Raya Masyarakat Toba

Jumat, 24 Juli 2020


Toba | SNN - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin beserta Pejabat Utama (PJU)  Poldasu menghadiri panen raya masyarakat Desa Lumban Holbung Kecamatan Uluan Kabupaten Toba, Jumat (24-07-2020). Kehadirannya itu merupakan bagian dari kunjungan kerjanya di Kabupaten Toba.

Sesampainya di lokasi persawahan itu, Kapolda bersama para pejabat utama Poldasu dan Bupati Toba Darwin Siagian ikut menabit padi yang sudah panen. Terlihat masyarakat sangat senang dengan kehadiran orang nomor satu di jajaran Polda Sumatera Utara.

Usai menabit padi secara simbolis, jendera bintang dua itu mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat sawah yang ada di Kawasan Kabupaten Toba khususnya di Desa Lumban Holbung."Jaga sawah ini dengan baik," ungkapnya di hadapan warga.

Martuani tak mau kalau persawahan ini berpindah tangan kepada orang Asing untuk dijadikan lahan yang tak mendukung masyarakat. "Jangan sampai dijual. Rawatlah dengan baik," pintanya.

Karena menurut dia, sawah merupakan lumbung kehidupan masyarakat Desa. "Ini adalah untuk kehidupan kita dan untuk anak-anak kita dan masyarakat luas," katanya.

Di lokasi itu juga, masyarakat khususnya para ibu-ibu mengajak suaminya untuk ikut ke sawah dari pada duduk di warung kopi. "Saya lihat disini kalau bapak-bapak kebanyakan duduk di lapo (warung kopi) dari pada ke sawah membantu sang istri," ucapnya.

Kemudian, ia menyarankan agar kepala desa setempat dapat membuat peraturan desa tentang aturan membuka warung kopi di sekitar. "Bisa tidak kita buat aturan seperti itu. Agar bapak-bapak jangan hanya duduk di lapo," kata dia.

Kehadiran Kapolda bersama PJU pun sangan disambut warga dengan senang. Salah satunya warga Boru Hutahuruk. Dirinya tidak menyangka kalau jenderal bintang dua itu mau datang ke sawah.

"Kami terkejut melihat Kapolda datang dan kami sangat senang," akunya.

Warga juga berterima kasih kepada Irjen Martuani beserta rombongan yang telah peduli terhadap warga. "Ini tandanya Kapolda perhatian kepada kami. Terima kasih Kapolda," cetusnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, Kapoldasu memberi hadiah membuat SIM gratis kepada warga yang berulang tahun pada bulan Juli. (torong/arj)