Gubernur Edy Dukung Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

Advertisement

Gubernur Edy Dukung Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

Selasa, 11 Februari 2020

Medan | SNN - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020 secara online mulai 15 Februari mendatang. Sensus penduduk yang dilakukan 10 tahun sekali akan kembali mendata populasi penduduk di Sumut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menerima audensi Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi dan jajarannya  di Ruangan EWP Tambunan, Lantai 10 Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (10-02-2020), menyatakan sangat mendukung sensus tersebut.

“Hasil dari Sensus Penduduk 2020 nantinya sangat penting bagi perencanaan pembangunan. Karena itu saya berharap BPS Sumut dapat melakukannya dengan teliti dan kegiatan ini pasti saya dukung," ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk bersama-sama menyukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan mengisi data secara mandiri melalui link: sensus.bps.go.id mulai tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020. Atau menerima kedatangan petugas sensus di rumah mulai tanggal 1 hingga 31 Juli 2020.

“Mari kita bantu para petugas sensus dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar, sehingga terwujud satu data kependudukan Indonesia dan masyarakat Sumut bermartabat,” ajak Gubernur.

Sebelumnya, Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi menyampaikan, Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan  dalam beberapa tahap. Sensus penduduk online akan dimulai 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Pada tahap ini diharapkan masyarakat dapat menyampaikan informasi pada BPS Sumut secara online.

Selanjutnya, BPS Sumut juga akan melakukan sensus penduduk secara wawancara dengan mendatangi langsung ke rumah penduduk yang dimulai 1 sampai 31 Juli 2020, apabila data yang masuk pada tahap online tidak memadai.  BPS Sumut juga akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumut mengenai data penduduk ini. “Karena data dari Disdukcapil Sumut merupakan data yang akurat mengukur jumlah penduduk di Sumut,” ujar Suhaimi.

Turut hadir Asisten Administrasi Umum dan Aset M Fitriyus, Kepala Disdukcapil Ismael Sinaga, Kepala Biro Bina Perekonomian  Ernita Bangun, dan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) M Ayub.(toorong/zul)