PTPN IV Sebagai Agen Pencipta Nilai Dan Pembangunan -->

PTPN IV Sebagai Agen Pencipta Nilai Dan Pembangunan

Sabtu, 25 Mei 2019

Simalungun | SNN - Sebagai salah satu anak perusahaan BUMN Perkebunan, PTPN IV memiliki tugas dan kewajiban diantaranya sebagai agen pencipta nilai dan agen pembangunan, sebut Direktur Utama PTPN IV Siwi Peni ketika menghadiri acara peringatan Nuzul Qur’an 1440 Hijriah, di Masjid Baitulkarim PTPN IV Kebun Dolok Ilir Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Jum’at (24-05-2019) malam.

Dari Kementerian BUMN hadir Kusnul Sholikah Nastiti Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi, Teddy Hutasoit Sekretaris Asisten Deputy dan Dony Gunawan staf Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Unsur Forkompinda yang hadir Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Camat Dolok Batu Nanggar Susilo SH, mewakili Kepala Kepolisian Sektor Serbelawan, mewakili Komandan Rayon Militer 05 Serbelawan, Kelurahan/ Desa (Amansari, Dolok Mainu, Dolok Ilir Satu, Kahean, Bah Tobu, Silenduk, Padang Mainu, Bandar Selamat, Dolok Tenera, Dolok Merangir, Bahung Kahean, Bahung Huluan, Afdeling VI dan Afdeling VII).

Hadir dari PTPN IV, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Rizal H. Damanik, Direktur Operasional Rediman Silalahi, M. Ronald suami Siwi Peni, Wakil Ketua I Ikatan Keluarga Besar Isteri Gusti Koni Pakpahan, Ketua Umum SP-Bun Tingkat Perusahaan dan Basis, PT Prima Medica Nusantara, Pengurus P3RI Cabang PTPN IV, General Manajer Distrik, Kepala/ Wakil Kepala Bagian, Project Manajer,  Manajer, Kasubag/ Askep, Staf Subag dan undangan lain.

Dijelaskan Siwi Peni, sebagai agen pencipta nilai yaitu perusahaan senantiasa mencari keuntungan agar dapat menjaga keberlangsungan perusahaan itu sendiri, untuk terus tumbuh dan berkembang serta mampu berdaya saing baik di tingkat lokal maupun global. Dari keuntungan tersebut perusahaan dapat menjalankan fungsinya sebagai agen pembangunan diantaranya agar dapat melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Terkait dengan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, ia mengatakan ada beberapa acara telah diselenggarakan baik dalam rangka ulang tahun PTPN IV pada bulan Maret 2019 lalu, maupun rangkaian acara ulang tahun Kementerian BUMN dan BUMN-BUMN dan juga dalam rangka program "BUMN Hadir Untuk Negeri".

Di bagian lain, Siwi Peni mengatakan program "BUMN Hadir Untuk Negeri" ini adalah rangkaian acara yang juga merupakan program dari Kementerian BUMN dan khusus untuk di Provinsi Sumatera Utara, sebagai Person in Charge (PIC) PTPN IV dengan Co PIC PT Kawasan Industri Medan dan PT Jasa Tirta I.

Ada beberapa program yang telah, sedang dan akan dilaksanakan dan untuk program tahun 2019 ini adalah kegiatan Safari Ramadhan 1440 Hijriah dengan rangkaian acara pemberian santunan anak yatim dengan jumlah 1.000 anak, bantuan pembuatan rumah ibadah, pembagian Al-Qur’an hasil dari cetakan Perum PNRI kepada panti asuhan, masjid dan pesantren atau lembaga pendidikan dengan alokasi 1000 Al-Qur’an setiap provinsi. Seluruh BUMN pada hari ini telah melaksanakan secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan pemberian 34.000 Al Qur’an dan hal ini memecahkan rekor muri Indonesia, kata Siwi Peni.

Program sebelumnya dikatakan Siwi Peni pada bulan April 2019 lalu dalam rangka ulang tahun BUMN telah diberikan kepada masyarakat paket murah sembako terdiri dari 12.500 paket. Kemudian beberapa program yang akan dilaksanakan yaitu pemberian bantuan beasiswa berprestasi atau berdasarkan tingkat ekonomi mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA dengan jumlah 25 orang per provinsi.

Program mudik gratis tahun 2019 ini, khusus untuk PTPN IV disiapkan 27 bus pariwisata untuk 1.000 orang dengan tujuan Medan – Rantauprapat, Medan – Pekanbaru, Medan – Padangsidimpuan. Kemudian akan ada program Siswa Mengenal Nusantara yang ditujukan adalah pertukaran siswa dari provinsi untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA, SMK dan SLB, sebut Siwi Peni.

Program elektrifikasi dan MCK bekerjasama dengan kepala desa di lingkungan operasional PTPN IV di Provinsi Sumatera Utara. Kemudian program perbaikan rumah karyawan dan masyarakat dan pada saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 akan dilaksanakan paket murah dengan pemberian 2.000 paket sembako dan beberapa kegiatan terkait seperti jalan sehat dan lain-lain. Sebagai penutup akhir tahun akan diselenggarakan peringatan kegiatan keagamaan untuk umat nasrani yaitu perayaan Natal, ujar Siwi Peni.

Terkait program "BUMN Hadir Untuk Negeri" ini, manajemen PTPN IV mengucapkan terimakasih kepada pemangku kepentingan (stakeholders) di lingkungan wilayah operasional PTPN IV, atas segenap dukungan kepada PTPN IV dan seluruh keluarga besar PTPN IV, sehingga kinerja PTPN IV dari tahun ke tahun akan terus tumbuh dan berkembang, demikian dikatakan Siwi Peni.

Pada 2019 dan seterusnya, Siwi Peni mengharapkan dukungan dari pihak kapolres, koramil dan pemangku kepentingan serta masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan kebun PTPN IV agar terhindar dari pencurian produksi, karena keuntungan PTPN IV sangar diperlukan masyarakat, sebab ada 4% dari laba bersih perusahaan akan dialokasikan kepada masyarakat sebagai bentuk dari tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan berupa PKBL dan CSR.

Kondisi saat ini, sebut Siwi Peni harga CPO turun 23% dibanding dua tahun lalu. Jika 2017 harga CPO Rp8.500 per kg, sementara posisi saat ini rata-rata harga CPO hanya Rp6.500 per kg. Sehingga hal ini perusahaan harus melakukan efisiensi-efisiensi cerdas namun yang tidak berkaitan langsung dengan proses produksi.

Siwi Peni mengucapkan terimakasih kepada Tim Safari Ramadhan PTPN IV dan Distrik II, Kebun dan PKS Dolok Ilir yang telah menyelenggarakan acara Nuzul Qur’an 1440 Hijriah tingkat PTPN IV ini dengan baik dan lancar.

Kepada Ustadz Dr. H. Fuji Rahmadi, MA, manajemen juga mengucapkan  terimakasih atas kehadirannya di tengah-tengah keluarga besar PTPN IV dalam rangka memberikan tausiyah di acara Nuzul Qur’an ini, tutup Siwi Peni.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Sahila Najwa (Juara I STQ Provinsi Sumatera Utara) dan saritilawah Deni Prasetio, dengan tausyiah agama disampaikan Dr. H. Fuji Rahmadi, MA dengan tema “Al Qur’an sebagai Pedoman untuk Membentuk Pribadi yang Bersinergi, Berintegritas dan Profesional”.

Sebelumnya Ketua Panitia Aminuddin (Manajer PKS Dolok Ilir) mengucapkan terimakasih kepada manajemen PTPN IV yang telah memfasilitasi acara, dan terimakasih atas kehadiran undangan serta panitia yang telah bekerja keras menyediaan sarana dan prasarana.(rel/torong/bundo)