Wali Kota Resmikan Gapura Little India -->

Wali Kota Resmikan Gapura Little India

Minggu, 28 Oktober 2018


Medan | SNN - Wali Kota Medan  Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meresmikan Gapura Little India di Jalan KH Zainul Arifin, Sabtu (27-10-2018) malam.

Peresmian Gapura Littel India ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan pelepasan balon yang dilakukan Wali Kota bersama Dubes India Kumar Rawat, Konsul Jenderal India  untuk Medan Dr Shalia Shahm dan Ketua Umum Gema Sadhana AS Kobalen  M Phil serta para tokoh agama Hindu ini. Peresmian  disaksikan ribuan warga turunan India  yang ada di Kota Medan, anggota DPD RI palindungan Purba dan Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli.

Wali Kota Medan berharap Little India yang ada di Kampung Madras ini semakin menambah keindahan Kota Medan sekaligus pusat 5temnpat tinggalnya warga turunan India  di Kota Medan. Kehadiran Little India ini diharapkan Wali Kota semakin mengenalkan budaya India baik dari  seni, budaya, kerajinan tangan maupun kulinernya.

"Saya berharap masyarakat India yang berada di kawasan ini dapat menggelar kegiatan yang bersifat budaya maupun kesenian asli India beserta kulinernya sehingga kawasan ini dapat menambah daftar objek wisata di Medan. Tentunya seluruh Pemko Medan akan mendukung sepenuhnya,” kata Wali Kota.

Wali Kota, perayaan Deevapali juga sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan masyarakat Kota Medan akan keberadaan umat Hindu di Kota Medan. “Selama ratusan tahun, keberadaan umat Hindu telah memberi warna yang menambah keindahan warna kehidupan sosial masyarakat di Kota Medan. Semoga kondisi yang  baik dan harmonis ini terus terjaga di masa mendatang,” harapnya.

Sementara itu Duta Besar India  Pradeep Kumar Rawat, mengaku sangat kagum dengan kondusifnya hubungan antar umat beragama di Medan. Hal ini tampak dengan dimulai acara doa bersama dari berbagai pemuka agama. Menurut Pradeep,  konsep Bhineka Tunggal Ika terealisasi dengan baik di Medan.(torong/fit)