Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Raih Penghargaan Natamukti 2017 -->

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Raih Penghargaan Natamukti 2017

Rabu, 29 November 2017













Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin SD MSi kembali  menerima penghargaan. Kali penghargaan diberikan oleh International Council for Small Buniness (ICSB)  City Awards. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan upaya yang telah dilakukan Wali Kota dalam upaya membantu serta memajukan UMKM di Kota Medan.       Penghargaan Natamukti 2017 diserahkan langsung Presiden of ICSB Indoensia Hermawan Kartaja disaksikan Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indoneia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Kantor Kementrian Koperasi dan UMKM Jalan  HR Rasuna Said Said, Jakarta Selatan, Selasa (28-11-2017) malam.

Sekedar menginformasikan, ICSB merupakan organisasi nirlaba internasional yang didirikan tahun 1955 bertujuan mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di seluruh dunia. Organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh dunia yang berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya di bidang masing-masing.

Saat ini tercatat 70 chapters di berbagai negara yang telah menjadi anggota, termasuk ICSB Indonesia sebagai salah satu afiliasi yang dibentuk tahun 2015. ICSB Indonesia terus mendorong berkembangnya UMKM, termasuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Hermawan menjelaskan, penghargaan Natamukti tahun ini dibagi dalam 2 kategori yakni Natamukti dan Natamukti Nidya. Penghargaan natamukti diberikan kepada kabupaten.kota yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

“Sedangkan Penghargaan Natamukti Nidya diberikan kepada kabupaten/kota yang terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik tingkat nasional maupun internasional. Semoga dengan penghargaan yang diberikan ini dapat menjadi inspirasi para institusi pemerintah lain untuk memajukan UMKM di daerahnya masing-masing,” kata Hermawan.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota mengaku merasa senang dan bangga atas penghargaan yang diberikan ICSB Indonesia tersebut. Dikatakannya, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh jajarannya, terutama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam upaya memajukan UMKM serta seluruh elemen yang ada di Kota Medan.

“Syukur alhamdulillah, Kota Medan mendapatkan Penghargaan Natamukti 2017. Selain kerja keras yang telah dilakukan selama ini, keberhasilan ini tidak terlepas berkat dukungan dari semua elemen yang ada di Kota. Saya harap sinergitas ini terus kita pertahankan dan tingkatkan lagi dalam upaya memajukan UMKM yang da di kota tercinta ini,”  harapnya.

Kemudian Wali Kota tidak lupa mengingatkan agar tidak cepat puas dengan keberhasilan tersebut. Justru keberhasilan ini harus dijadikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi, terutama dalam memberikan pelayanan kepada para pelaku UMKM di Kota Medan. “Jika UMKM maju, insya Allah perekonomian di Kota Medan akan lebih baik lagi,” ungkapnya.



Selanjutnya, Wali Kota mendedikasikan penghargaan yang diterimanya itu kepada seluruh pelaku UMKM di ibukota Provinsi Sumut. Dia ingin penghargaan ini menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM untuk terus berkerasi dan berinovasi sehingga produk yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Pemko Medan siap mendukung agar UMKM di Kota Medan semakin maju dan berkembang melalui Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian Kota Medan serta Dinas Perdagangan. Selain membantu permodalan, juga rutin memberikan pelatihan serta membantu mempromosikan produk yang dihasilkan dengan melibatkan para UMKM dalam kegiatan yang dilakukan Pemko Medan,” jelasnya.(bahren)