Plt Wali Kota Hadiri Perayaan Deevapali 5121 Kaliyuga

Advertisement

Plt Wali Kota Hadiri Perayaan Deevapali 5121 Kaliyuga

Minggu, 03 November 2019


Medan | SNN -Perayaan Deepavali 5121 Kaliyuga yang diselenggatan Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan Kota Medan bekerjasama dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan berlangsung meriah. Selain penyalaan pelita, acara juga diisi dengan aneka tarian India serta multi etnis. Perayaan ini digelar sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan masyarakat Kota Medan akan keberadaan umat Hindu di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  hadir dalam perayaan Deevapali yang mengusung tema, "Kita Meriahkan Perayaaan Deevapali Dalam Corak Pilar Budaya Bangsa Sebagai Simbol Kemajuan Kota Medan serta dihadiri seribuan umat Hindu. Di samping itu juga hadir Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Kadis Kebudayaan OK Zulfi, Kabag Agama Adlan, Kabag Humas Arrahman Pane, Ketua PHDI Sumut Siwaji Raja, Ketua PHDI Kota Medan Surya serta Tokoh masyarakat Hindu, Minggu (03-11-2019).

"Selain itu perayaan Deevapali bisa dirayakan dengan meriah dan suka cita sebagai indikasi tingginya tingkat toleransi umat beragama di Kota Medan. Meski berlatar agama yang berbeda namun warganya hidup dengan penuh damai karena masing-masing menghargai perbedaan. Hal inilah yang menjadikan Kota Medan sebagai contoh kerukunan hidup beragama di Indonesia," kata Plt Wali Kota.

Akhyar juga mengajak seluruh umat Hindu ikut mendukung kebersihan dengan cara tidak buang sampah sembarangan. Kemudian mewadahi sampah setiap rumah tangga agar tidak berserakan dan memudahkan petugas kebersihan mengangkatnya. Lalu, mengurangi penggunaan sampah plastik, terutama botol kemasan maupun tempat makanan yang terbuat dari styrofoam.

Sebelumnya, Ketua PHDI Kota Medan Surya, menyampaikan ucapa terimakasihnya kepada Pemko Medan karena telah menyelenggarakan perayaan Deepavali 5121 Kaliyuga. Dia berharap kedepannya perayaan Depavali semakin baik serta lebih meriah lagi. "Kita akan terus lakukan evaluasi dan perbaikan sehingga perayaan Deevapali lebih baik dan meriah lagi ke depannya," ujar Surya.

Sementara itu Kadis  Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi dalam laporannya menjelaskan, tujuan digelarnya perayaan Deevapali untuk membangun kerukunan dan keharmonisan masyarakat kota Medan yang multi etnis. "Dengan demikian akan terwujud  Kota Medan yang rukun, aman dan kondusif," jelas OK Zulfi.(torong/fit)