Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019 Dipenuhi Dengan Pemuda Pancasila

Advertisement

Hari Pahlawan Ke 74 Tahun 2019 Dipenuhi Dengan Pemuda Pancasila

Minggu, 10 November 2019


Nias Selatan | SNN - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nias Selatan (Nisel), AKBP I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tahun 2019, di lapangan Orurusa Telukdalam, Nisel, Sumatera Utara, Minggu (10-11-2019).

Upacara ini dihadiri oleh Bupati Nias Selatan yang diwakili Sekda, Ir. Ikhtiar Duha,MM., Komandan Kodim 0213/Nias diwakili Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf. Hatianus Zega, Komandan Lanal Nias diwakili Pasintel Lanal Nias, Mayor Laut (T) Rudi Taufik, Staf Ahli Bupati, Asisten, dan Kepala OPD serta ribuan pemuda pancasila  dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara yang dibacakan Kapolres Nisel mengatakan, semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.

Juliari P. Batubara menandaskan pengorbanan para pahlawan dan pejuang sebelumnya akan menjadi kenyataan apabila seluruh warga negara Indonesia dapat mengimplementasikan ungkapan Bung Karno yang menyatakan bahwa "Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar".

Menurut Menteri Sosial RI semangat kepahlawanan dapat diwujudkan melalui semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".

"Peringatan Hari Pahlawan setiap tahunnya kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama, serta untuk memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia," harap Menteri Sosial RI.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tahun 2019 di Kabupaten Nias Selatan dapat terlaksana dengan baik dan peserta upacara sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Peserta upacara diantaranya PNS, TNI, Polri, Pemuda Pancasila dan para pelajar di lingkungan Kelurahan Pasar Telukdalam.

Petugas upacara antara lain, perwira upacara, Peltu S. Hutabarat,SE., dan komandan upacara, Sersan Mayor Ahmad Sanusi. Berikutnya pembaca teks pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Gester Nehe dan pembaca pesan-pesan pahlawan, Sumarni Manao,SE., serta pembawa acara Susi Marlina Duha,SE.(Mesiana Buulolo/torong)