Wakil Walikota Akhyar : Tahun 2019 Pemko Medan Fokus Benahi Taman dan Kebersihan

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Wakil Walikota Akhyar : Tahun 2019 Pemko Medan Fokus Benahi Taman dan Kebersihan

Kamis, 03 Januari 2019


Medan | SNN - Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si menegaskan Tahun 2019 wajah Kota Medan harus berubah. Pemko Medan tahun ini akan memfokuskan pembangunan dan pembenahan taman-taman termasuk pohon pelindung pada median jalan dan kebersihan.

Ketegasan ini disampaikan Wakil Wali Kota saat memimpin apel pagi bersama jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan di kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Jalan Swadaya Pinang Baris Medan, Kamis (03-01-2019) pagi.

Wakil Wali Kota mengatakan, ada beberapa poin penting yang menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan dalam mengubah wajah Kota Medan yang ditargetkan harus berjalan di tahun yang baru ini.

“Khusus yang taman saya minta setiap wilayah Kota Medan, yang merupakan fasilitas publik harus diperindah dengan tanaman-tanaman, agar selalu asri dan tidak gersang. Jangan seperti yang selama ini sepanjang jalan yang dilalui masyarakat tidak menampilkan keindahan. Saya minta tahun ini hal tersebut berubah,” tegas Wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota juga mengimbau kepada seluruh personil Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan untuk memberikan penyuluhan atau imbauan kepada seluruh warga masyarakat untuk turut serta dalam memperindah kota, dengan cara memberikan ruang pada halaman agar dapat menanam tanaman seperti bunga-bunga atau tanaman yang menyejukkan mata.

“Partisipasi masyarakat juga harus kita gugah agar mau menghiasi pekarangan rumah masing-masing dengan tanaman dimulai dengan pekarangan rumah dari seluruh personil dinas ini, harus mampu menjadi contoh bagi masyarakat luas,” ujarnya.

“Saya selalu mendapat laporan dari masyarakat yang mengeluhkan banyak sekali pungli yang tidak sesuai dengan peraturan mengenai retribusi khususnya pemakaman baik yang pemakaman muslim maupun non muslim. Ini harus segera ditindak tegas. Tidak ada lagi yang main-main dengan hal ini,” ujar Akhyar dihadapan ribuan peserta apel pagi.

Disamping itu mengenai penerangan jalan umum juga disinggung Wakil Wali Kota karena masih banyak dijumpai Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang tidak menyala dibeberapa ruas jalan. Akhyar minta persoalan ini segera diselesaikan dan harus terus diawasi, agar ke depannya Kota Medan menjadi kota yang terang benderang.

"Jika TPA Namo bintang sudah aktif, maka waktu pengangkutan sampah akan lebih efesien dan sampah masyarakat tidak akan menumpuk. Selain itu jika lingkungan masyarakat terdapat sampah yang berserakan, sebaiknya disediakan Tong sampah di tempat tersebut agar sampahnya tidak berserakan.Saya harapkan di tahun 2019 ini adalah tahun pembuktian bahwa kota medan bisa berubah wajahnya, keamanan, kenyamanan, keasrian Kota Medan,” pungkasnya.

Sekaitan dengan hal tersebut, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan HM Husni usai apel pagi mengatakan konsolidasi yang dilakukan Wakil Wali Kota hari ini menjadi semangat bagi Dinasnya dalam membenahi wajah Kota Medan. Husni menyadari bahwa 60% wajah Kota Medan itu ada pada fungsi kebersihan dan pertamanan.(torong/fit)