Pemkab Asahan Raih Predikat “B” Dalam Pengelolaan SAKIP 2017 - SNN | Suara Nasional News

Hot


Rabu, 31 Januari 2018

Pemkab Asahan Raih Predikat “B” Dalam Pengelolaan SAKIP 2017

Kisaran | SNN - .Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rahmad Hidayat Siregar S.Sos Msi menyampaikan Pemerintah Kabupaten Asahan berhasil mendapat predikat "B" dari hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2017 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI.

Hal itu disampaikan Kadis Kominfo kepada wartawan, Rabu (31-01-2018) terkait adanya pemberian penghargaan predikat B atas keberhasil Pemkab dalam mengelola SAKIP yang langsung diserahkan oleh Menpan RB – RI Asman Abnur yang diterima Kepala Bappeda Asahan Zainal Arifin Sinaga di Kota Batam pada 25 Januari 2018 lalu.

Dikatakannya, penghargaan pemberian predikat terhadap pelaksanaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Tahun 2017 itu diperoleh berdasarkan hasil evaluasi untuk pemerintah kabupaten / kota di Pulau Sumatera, Provinsi Banten dan Jawa Barat yang masuk ke dalam zona Wilayah – I.

Menurut Rahmad, dari evaluasi yang dilakukan Menpan RB – RI tercatat sebanyak 62 kabupaten / kota yang memperoleh predikat B dalam pengelolaan SAKIP. Namun begitu masih terdapat 102 kabupaten / kota atau sekitar 58,62%  dari total seluruh kabupaten / kota yang ada di zona Wilayah – I masih mendapat nilai di bawah B, dan 57 kabupaten / kota dengan predikat CC, 43 kabupaten / kota dengan predikat C.

Sedangkan Kabupaten Asahan sendiri berhasil meraih predikat ”B” dengan nilai 60,21. Dan untuk dapat diketahui berdasarkan hasil evaluasi tersebut kabupaten / kota di Propinsi Sumatera Utara yang memperoleh nilai predikat B hanya terdiri dari 3 kabupaten / kota dari sebanyak 33 kabupaten / kota yang ada, diantaranya Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Serdang Bedagai, papar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan itu.(yd/torong)