Bupati Soekirman Harap Mina Padi Mampu Dorong Perekonomian Masyarakat - SNN | Suara Nasional News

Hot

Senin, 29 Januari 2018

Bupati Soekirman Harap Mina Padi Mampu Dorong Perekonomian Masyarakat

Serbajadi | SNN - Mina padi merupakan suatu bentuk usaha tani gabungan (combined farming) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya ikan air tawar. Dengan demikian Mina Padi dapat meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.

Demikian disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya disela-sela kegiatan Panen Perdana Mina Padi Kelompok Tani Harapan Maju yang berlokasi di Dusun VI Desa Pulo Tagor Kecamatan Serbajadi, Senin (29-01-2018).

Turut hadir pada panen tersebut Ditektur Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA)  Indonesia M.Wahyudi, perwakilan Ditjend Perikanan Budidaya Ahmad Zauhari Pamungkas, para Kepala OPD, Camat Serbajadi Drs. Zulkan, para Kepala Desa serta seluruh anggota Kelompok Tani Harapan Maju.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Soekirman bahwa dengan dilaksanakannya mina padi ini diharapkan mampu mendorong perekonomian dan menjadi alternatif memanfaatkan lahan yang minim dengan mengkolaborasikan tanaman padi dengan budidaya ikan air tawar sehingga dapat menjadi alternatif pertanian yang menguntungkan bagi masyarakat.

Senada dengan Bupati Soekirman, Wabup Darma Wijaya menyampaikan apresiasi kepada BITRA Indonesia dengan keseriusannya membina kelompok tani melakukan model tanam mina padi yang hasilnya sangat bermanfaat bagi petani.

Wabup juga menyarankan agar pertumbuhan tanaman padi tidak terganggu, pemeliharaan ikan sawah harus disesuaikan dengan sistem pengairan yang ada sehingga padi tidak akan terganggu. Usaha mina padi ini selain merupakan usaha yang menguntungkan juga dapat meningkatkan pendapatan petani serta membantu program pemerintah dalam usaha memenuhi gizi keluaraga, ujar Wabup.

Sebelumnya Direktur BITRA Indonesia Wahyudi menyampaikan panen perdana mina padi di Desa Pulo Tagor ini yang pertama di Sergai dengan memanfaatkan lahan persawahan seluar 10 Ha dan menabur bibit ikan nila sebanyak dua ratus ribu ekor. Penaburan bibit ikan ini dilakukan setelah mamasuki usia tanam padi mencapai 15 hari dan ikan dapat dipanen bersamaan dengan panen padi. Dengan mina padi menghemat biaya produksi tanaman karena bantuan ikan yang memakan hama didalam tanaman padi tersebut," Ugkap Wahyudi.(torong/zul)


Post Top Ad

Your Ad Spot