Walikota Binjai: “Nasionalisme Generasi Muda Harus Diselamatkan” Pemko Binjai Siap Bantu Pembentukan Kembali DHC 45 -->

Advertisement


Walikota Binjai: “Nasionalisme Generasi Muda Harus Diselamatkan” Pemko Binjai Siap Bantu Pembentukan Kembali DHC 45

Jumat, 05 Januari 2024

 


Binjai | SNN -
 Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, MAP mengatakan siap mendukung pembentukan kembali kepengurusan Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC 45) Kota Binjai. “DHC 45 adalah salah satu wadah strategis  untuk membangkitan nasionalisme dan semangat juang generasi muda. Pemko Binjai siap membantu pembentukan DHC 45 untuk menyelamatkan nasionlisme generasi muda,” ujarnya ketika menerima Pengurus DHD 45 Sumut, Jumat 29 Desember 2023. Demikian rilis dierima redaksi pada Kamis (04/01/2024).

Dikatakan beliau siap menjabarkan sejumlah program strategis DHD 45 Sumut dalam melestarikan jiwa, semangat dan nilai-nilai 45 bagi generasi muda, seperti follow up kerjasama DHD 45 dengan Dinas Pendidikan Sumut dalam mengangkat spirit kesejarahan milenial dan lainnya.

 “Saya mengikuti kegiatan DHD 45 yang melibatkan para pelajar itu. Ini harus di-break down ke kabupaten dan kota, sehingga DHC 45 Kota Binjai memang harus kita hidupkan kembali,” ujarnya di rumah dinasnya.

Pengurus DHD 45 Sumut yang berkunjung adalah Sekretaris Umum Dr. Eddy Syofian, MAP didampingi Ketua III OK Zulkarnain, SH, MSi dan Ketua Bidang Sosbud Elyuzar Siregar SH.

Oleh karenanya pembentukan kepengurusan ini segera diproses sehingga keberadaan badan yang khusus melestarikan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan Angkatan 45 dapat hidup kembali di kota Binjai.

"Pemko Binjai sangat membutuhkan kehadiran organisasi juang ini karena akan bisa berkolaborasi dalam rangka menumbuhkembangkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta sejarah terutama bagi generasi milenial," ujar Amir Hamzah.

Untuk itu Walikota mendukung sosok figur yang akan diberi mandat oleh DHD 45 Sumut untuk menyusun kepengurusan DHC 45 Kota Binjai yakni Drs. H. Dwi Anang Wibowo, Maizena Septana, SH dan M Taufiq.

Sementara itu, Eddy Syofian yang dalam kesempatan ini mewakili Ketua Umum Mayjen TNI (Purn.) M. Hasyim menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan respon Walikota Binjai untuk menghadirkan kembali keberadaan organisasi juang ini yang sudah lama vakum.

 “Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Pak Walikota untuk menghadirkan kembali DHC 45 Kota Binjai," ujar mantan Kaban Kesbangpol Sumut ini.

Eddy mengatakan,  organisasi juang ini dibentuk sejak masa Pemerintahan Presiden Soekarno dan pada masa Presiden Soeharto, Anggaran Dasar Organisasi 45 ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 40 tahun 1984 .

Eddy lebih lanjut menyatakan sosok Walikota Amir Hamzah yang sangat dicintai warga Kota Binjai yang banyak memberikan gagasan dan karya di kota Binjai selama kepemimpinannya, kota Binjai ini banyak menyimpan memori sejarah perjuangan dan terlihat tugu dan tatengger di kota Binjai masih terawat dengan baik.

Dengan hadirnya DHC 45 ini, Eddy Syofian meyakini akan ikut membantu Pemko Binjai  dalam merawat situs juang, merawat kerukunan warga dan terlibat pembinaan generasi milenial.

Walikota Amir Hamzah juga menyatakan kesediaannya untuk menjadi Ketua Dewan Kehormatan DHC 45 Binjai dan akan memfasilitasi program DHC45 melalui dana APBD.

 "Organisasi juang ini bentukan pemerintah sehingga Pemko akan turut memberdayakan dan bersinergi dengan Pemko Binjai," ujar Walikota.

Amir Hamzah juga mengatakan tantangan masa depan bangsa termasuk di kota Binjai bagaimana generasi milenial ini faham sejarah dan perjuangan bangsa. Mereka tidak boleh menjadi generasi lupa sejarah.

Dia berharap DHC 45 Binjai bersinergi dengan OPD Pemko untuk meningkatkan kapasitas nasionalisme dan pengetahuannya tentang sejarah bangsa dan sejarah kota Binjai ini.

"Saya tak ingin anak muda di Binjai melupakan sejarah dan mereka harus terbangun jiwa nasionalismenya untuk memberi manfaat bagi dan bangsa dan kota Binjai," ujar Amir Hamzah. (ril/torong)