Polisi Jago-jago di Medan Come Back -->

Advertisement


Polisi Jago-jago di Medan Come Back

Kamis, 04 Januari 2024

Catatan: ZULKIFLI, Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) Sumut


Duet Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Efendy dan Wakapolda Sumut Brigjen Rony Samtama, diyakini semakin membuat nyaman warga Sumut khususnya Kota Medan yang menjadi etalasenya.  Setidaknya, itu tergambar dari telegram rahasia (TR) yang dikeluarkan Polda Sumut atas mutasi para perwiranya. Puluhan Kapolsek dan Kasat Reskrim, dirombak oleh kedua jenderal pemangku keamaman di Sumut itu.

Jabatan paling strategis di Polrestabes Medan salah satunya adalah Kasat Reskrim. Perwira yang dipercaya menduduki jabatan ini idealnya adalah perwira senior yang sangat memahami Kota Medan. Perwira menengah yang duduk di kursi ini, diharapkan tak hanya mampu melakukan pengungkapan tindakan kriminal, tapi juga harus mampu melakukan penggalangan guna meminimalisir aksi kejahatan.

Tentu untuk mampu melakukan itu, posisi strategis tersebut haruslah diisi oleh perwira berpengalaman yang memahami Kota Medan. Ternyata, duet dua jenderal itu sangat memahami situasi terkini kota ini menjelang Pemilu. Hal tersebut terbukti dengan diangkatnya Kompol Jama Kita Purba sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan. Perwira polisi yang melang melintang dalam dunia reserse ini, diyakini akan membuat warga Medan nyenyak tidur.

Selain Kompol Jama Kita Purba, ada Kompol Alexander Piliang yang dalam TR dengan nomor ST/1179/XII/Kep/2023 tanggal 30 Desember 2023 itu, dipercaya menjabat sebagai Kapolsek Helvetia. Kompol Alex, adalah perwira polisi yang juga diketahui sangat mengenal seluk beluk Kota Medan. Memimpin wilayah di sektor Helvetia, Kompol Alex pun diyakini akan menambah kekuatan Polrestabes Medan dalam memberi rasa aman kepada masyarakat.

Dalam telegram yang ditandatangani Karo SDM Kombes Pol Boni Sirait tersebut, juga ada nama Kompol Jhonson Sitompul. Perwira polisi ini pun dikenal cukup piawai di Kota Medan. Cukup lama menjadi bintara polisi di Poltabes Medan, sebelum berganti jadi Polrestabes Medan, Kompol Jhonson Sitompul dikenal 'tajam' menganalisa aksi kejahatan. Kini, perwira polisi ini dipercaya sebagai Kapolsek Percut Seituan. Salah satu wilayah terluas dijajaran Polrestabes Medan.

Meski rotasi dijajaran Polri adalah hal yang biasa, mutasi kali ini lebih dari itu. Telegram  yang dikeluarkan Kapolda Sumut dengan Wanjaknya Brigjen Rony Samtama kali ini adalah sebagi bukti konkrit, Polda Sumut menomorsatukan kenyamanan warganya dengan menempatkan perwira-perwira andal dibidangnya. Polisi-polisi jago di Medan itu Come Back, kembali untuk menambah kenyamanan warga Medan.

Selamat kepada adik-adik perwira yang mendapatkan promosi jabatan lebih tinggi, jadikanlah jabatan sebagai ladang amal berbuat baik. Untuk yang mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan, semoga kelak kalian lulus menjadi pemimpin Polri yang dicintai masyarkat, karena motonya sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyrakat. Bravo Polri, Bravo Polda Sumut!!!!