Jelang Pemilu Serentak 2024, Disdukcapil Batu Bara Sambangi Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku -->

Advertisement


Jelang Pemilu Serentak 2024, Disdukcapil Batu Bara Sambangi Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku

Senin, 15 Januari 2024

  


Batu Bara | SNN - Ajang silaturahmi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Batu Bara dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara berlangsung akrab dan harmonis, Senin (15/01/2024).

Kunjungan ini guna menjalin silaturahmi dan perkuat sinergi dalam pemenuhan hak identitas bagi seluruh Warga Binaan Lapas Labuhan Ruku agar WBP dapat memilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Menurut Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Alexander Lisman Putra. A. Md. IP. SH. MH hal ini merupakan wujud nyata yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara dalam menjalin kerjasama guna pemenuhan identitas dari bagi seluruh Warga Binaan Lapas Labuhan Ruku.

"Kami sangat apresiasi perhatian yang diberikan, sungguh luar biasa dapat menerima langsung kedatangan tim dari Disdukcapil Batu Bara, " ungkap Kalapas kelas IIA Labuhan Ruku.

Sementara itu, Tim Dukcapil Batu Bara mengatakan, jajarannya siap mengawal pemenuhan hak identitas bagi seluruh WBP Lapas Labuhan Ruku.

Ia juga membeberkan sistem jemput bola seperti ini akan diterapkan karena identitas diri dan status kewarganegaraan sangat penting dimiliki bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

"Aktivasi NIK dan kepemilikan KTP-el sangat penting dimiliki apa lagi menjelang Pemilu Serentak tahun 2024. Maka dari itu, kami siap perkuat sinergi dengan Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku dalam pemenuhan hak identitas WBP, " janji Tim Dukcapil.

Tim Dukcapil Batu Bara menjelaskan, saat ini Disdukcapil tengah gaungkan percepatan Aktivasi identitas kependudukan Digital dalam mendukung kemajuan teknologi di segala sektor.

"Masyarakat yang sudah mengaktivasi IKD dapat melihat data kependudukan miliknya. Masyarakat juga dapat mengakses data keluarga dalam kartu keluarga digital, akta lahir dan dokumen kependudukan lainnya yang pastinya lewat layanan tersebut mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan publik yang mensyaratkan dokumen kependudukan, " terangnya.

Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku akrab disapa Alexa menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan hangat dari Disdukcapil Batu Bara dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan jalin sinergitas yang telah berjalan dengan baik tentu akan meningkatkan menjadi lebih baik.

Kalapas berharap seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan memiliki KTP dan 100 % dapat mengikuti Pemilu Serentak.

Diakhir kegiatan, kedua belah pihak sepakat terus meningkatkan kerjasama dan membahas rencana aksi bersama lewat pemenuhan hak indentitas guna mendukung Pemilu Serentak Tahun 2024. Selain itu juga untuk melengkapi salah satu persyaratan dalam melaksanakan program pembinaan.

KTP - el diserahkan secara simbolis oleh Kadis Dukcapil Batu Bara, Maeda Soetopo. SSTP. MSP bersama Kalapas Labuhan Ruku, Alexader Lisman Putra. A. Mpd. IP. SH. MH dan dampingi Kabid PIAK, Ilyas. S. SM dan Kabid Inovasi, Rahmat Hidayat. SE. M. SI serta dari Lapas Labuhan Ruku, Kasubsi Registrasi Mulia Wernat Situmorang. S. Tr. Pas. MH.(ans)