Kapolda Sumut Agung Setya Imam Effendi Rayakan HUT Polairud ke 73 -->

Advertisement


Kapolda Sumut Agung Setya Imam Effendi Rayakan HUT Polairud ke 73

Jumat, 01 Desember 2023

 


Medan | SNN - Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, merayakan ulang tahun Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) ke 73 di Mako Dit Polairud Polda Sumut, Jumat (01/12/2023).

"Semoga Polairud dapat terus menjadi Bhayangkara penjaga dirgantara dan bahari nusantara yang selalu siap memberikan dharma bakti terbaik demi terwujudnya Indonesia Emas 2024," ujar Kapoldasu dalam sambutannya.

Agung mengungkapkan, kepolisian perairan lahir ketika dikeluarkannya keputusan Mendagri No. 4/2/3UM Tanggal 14 Maret 1951 yang menyatakan kepolisian kepolisian perairan bagian dari djawatan kepolisian negara terhitung mulai Tanggal 01 Desember 1950 dan ditetapkan sebagai hari jadi Korpolairud Baharkam Polri.

"Kehadiran polisi perairan telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad ke 13 sebagai penjaga wilayah perairan nusantara," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Agung menyebutkan Indonesia tengah memasuki tahapan pemilu. Oleh karena itu untuk mengamankan setiap tahapan pemilu itu maka Polri sebagai institusi yang menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat harus bekerja keras menyukseskan jalannya pesta demokrasi tersebut.

"Polairud sangat dibutuhkan dalam menjaga keamanan pada wilayah pesisir khususnya dalam mengamankan Pemilu 2024. Tentunya Polairud memiliki kontribusi besar untuk perpindahan kotak suara melalui perairan maunpun udara," sebutnya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Dit Polairud Polda Sumut telah mengamankan wilayah perairan Sumatera Utara karena berhasil menanggulangi aksi kejahatan," pungkasnya.(torong/ar)