Pj. Gubsu Melakukan Kunker Di Kabupaten Nias Barat -->

Advertisement


Pj. Gubsu Melakukan Kunker Di Kabupaten Nias Barat

Kamis, 16 November 2023

  



Nias Barat | SNN - 
Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu)  Dr. Hassanudin, S.IP., MM didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Utara, Dessy Hassanudin bersama rombongan dari Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja  (Kunker) di Kabupaten Nias Barat, Kamis  (16/11/2023).

Kunjungan kerja Pj. Gubernur Sumut diawali dengan penyambutan di Bandara Binaka Kota Gununsitoli oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta Forkopimda se Kepulauan Nias.

Setelah penyambutan di Bandara Binaka, Pj. Gubernur Sumut bersama rombongan menuju Nias Barat untuk melakukan monitoring penurunan stunting dan melihat kondisi infrastruktur jalan maupun jembatan Provisi Sumut di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Di perjalanannya menuju Nias Barat, Pj. Gubernur Sumut menyempatkan untuk melihat kondisi Jalan Provinsi di Km. 27 Desa Fadoro Hunogoa yang telah longsor pada akhir tahun lalu sehingga mengakibatkan akses menuju Nias Barat terganggu.

Setelah melihat kondisi jalan di Fadoro Hunogoa, Pj. Gubernur Sumut meninjau progres pembangunan Jembatan Sungai Noyo di Desa Tuwuna Kecamatan Mandrehe yang saat ini sedang dikerjakan oleh rekanan. Kemudian, dari Jembatan Sungai Noyo, Pj. Gubernur Sumut bersama rombongan meninjau kondisi SMA Negeri 1 Mandrehe Kecamatan Mandrehe.

Sebelum tiba di Kantor Bupati Nias Barat,  pelaksanaan acara penyambutan, Pj. Gubernur Sumut bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara, memantau pelaksanaan Posyandu di Dusun V Desa Onolimbu Kecamatan Lahomi. 

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Sumut membagikan makanan tambahan kepada ibu hamil dan Balita serta memberikan Vaksin Polio kepada Bayi.

Setibanya di halaman Kantor Bupati Nias Barat, Pj. Gubernur Sumut disambut dengan Tari Baluse dan Tari Famaola Afo dari Sanggar Aekhula. Kemudian, dilakukan penyematan Pakaian Adat Nias kepada Pj. Gubernur dan Ketua TP PKK Provinsi Sumut oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dan Ketua TP PKK Nias Barat, Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengucapkan selamat datang dan menyampaikan terima kasih kepada Pj. Gunernur Sumut bersama rombongan yang mengawai kunjungan perdananya di Kabupaten Nias Barat.

 Ia berharap melalui kunjungan kerja Pj. Gubernur, dapat menjawab berbagai permasalahan pembangunan yang selama ini dialami Nias Barat terutama terkait pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan Provinsi Sumatera Utara di wilayah Nias Barat.

“Kedatangan Bapak Gubernur di Nias Barat merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Nias Barat serta menjadi jawaban atas permasalahan pembangunan infrastruktur dan pengembangan SDM di Kabupaten Nias Barat”, ucap Bupati .

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumatera Utara Dr. Hassanudin mengucapkan terimakasih atas penyambutan yang cukup hangat dari pemerintah daerah dan warga Nias Barat. Ia berpesan agar pemerintah Kabupaten Nias Barat terus melaksanakan pelayanan yang baik kepada masyarakat untuk mewujudkan Sumatera Utara yang Hebat dan Maju.

Terkait pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dari Kota Gunungsitoli menuju Nias Barat, Pj. Gubernur mengatakan terus dilakukan peningkatannya secara bertahap. Khusus penanganan jalan di Km. 27 Desa Fadoro Hunogoa, Pj. Gubernur menginformasikan bahwa anggarannya telah ditampung pada APBD Provinsi Sumut dan akan dimulai pembangunannya awal tahun 2024.

Setelah melaksanakan kunjungan di Kabupaten Nias Barat, Pj. Gubernur Sumut bersama rombongan kemudian melanjutkan kunjungan ke Nias Selatan.

Sesuai jadwal, Pj. Gubernur Sumut melaksanakan kunjungan kerja di Kepulauan Nias selama 3 (tiga) hari mulai 16 hingga 18 November 2023, diawali dengan kunjungan ke Kabupaten Nias Barat, kemudian menuju Nias Selatan dan direncanakan bermalam di Nias Selatan.

Kemudian, pada hari berikutnya, Pj. Gubernur Sumut melanjutkan kunjungan di Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Utara dan direncanakan menginap di Kota Gunungsitoli.

Pada hari ketiga, sebelum kembali ke Medan, Pj. Gubernur Sumut dijadwalkan menghadiri kegiatan Sosialisasi Pemilu Dama Tahun 2024 di Auditorium STT Sunderman. (SJN)