Apresiasi Kirab Budaya Khonghucu, Ketua DPRD Medan Turut Berjalan Kaki Bersama Para Suhu -->

Apresiasi Kirab Budaya Khonghucu, Ketua DPRD Medan Turut Berjalan Kaki Bersama Para Suhu

Rabu, 08 Februari 2023

  


Medan | SNN - Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE menghadiri kirab Budaya  Khonghucu yang digelar PARAKHIN (Perkumpulan Rohaniawan Agama Khonghucu Indonesia) Sumut  dan Komunitas Tatung Medan.

Kegiatan kirab Budaya Khonghucu ini mendapat sambutan positif dari pimpinan dewan ini yang juga turut berjalan kaki bersama para suhu agama Khonghucu yang dimasuki roh dewa dan badannya ditusuk benda tajam (tatung). 

Kirab itu dilakukan dengan berjalan kaki mulai dari Jalan Negara masuk ke Jalan Wahidin, terus ke Jalan AR Hakim menuju arah Kompleks Asia Mega Mas dan kembali ke Jalan AR Hakim dan masuk lagi ke Jalan Wahidin dan Jalan Negara, Rabu (08/02/2023).

Dikatakan, Hasyim bahwa kegiatan menusuk badan atau tatung merupakan budaya Tionghoa yang telah ada sejak lama. 

"Jadi dalam bahasa Hakka, Tatung merupakan orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur. Pemanggilan itu dilakukan dengan menggunakan mantra dan mudra tertentu," ucap Hasyim.

"Sebagai Ketua DPRD Kota Medan, kami apresiasi Kirab Budaya Khonghucu ini, karena sudah menjadi khazanah budaya Indonesia. Ke depan, kita dorong agar festival semacam Imlek Fair, Cap Go Meh dan Kirab budaya bisa menjadi agenda wisata Pemko Medan ," pungkas Ketua DPC PDI Perjuangan Medan ini. (torong/nur)