JELANG PEREKRUTAN PPK DAN PPS, KPU NISEL GELAR SOSIALISASI SIAKBA -->

JELANG PEREKRUTAN PPK DAN PPS, KPU NISEL GELAR SOSIALISASI SIAKBA

Sabtu, 05 November 2022


Nisel | SNN
- Sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) digelar oleh  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan yang dilaksanakan, Sabtu (05/11/2022) di aula Sem Hotel jalan Imam Bonjol Kelurahan Pasar Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Nias Selatan, Repa Duha. Pada kesempatan ini, Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024 baik di Pemerintahan Pusat maupun Daerah serta mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat tentang sistem informasi yang dibuat oleh KPU RI ini. Aplikasi ini dapat dipergunakan, antara lain: perekrutan PPK, PPS, PPLN KPPS dan Badan Adhock pada pemilu serentak Tahun 2024 mendatang.

Repa berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, dapat menjadi penyebarluasan informasi terkait Pemilu mendatang serta mempermudah rekrutmen PPK, PPLN dan KPPS yang dilakukan secara online pada bulan ini kepada seluruh masyarakat, sehingga penggunaan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) dapat berfungsi dengan baik dan tepat.

Komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan Divisi SDM, Yulianus Gulo juga menyampaikan bahwa, Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) berbasis Web ini dapat memfasilitasi : tahapan seleksi pendaftaran anggota KPU Provinsi/Kabupaten/Kota dan Badan Adhock (PPK, PPS, PPLN, KPPS), PAW anggota KPU Provinsi/Kabupaten/Kota dan Badan Adhock, Pengelolaan data & dokumentasi administrasi berkelanjutan.

Ia menuturkan bahwa Cara daftar akun SIAKBA KPU, login pendaftaran PPK dan PPS 2022 Pemilu 2024 : Akses laman website http://SIAKBA.kpu.go.id/login untuk masuk ke aplikasi SIAKBA anda diminta untuk login terlebih dahulu, Jika belum memiliki akun, buat akun klik untuk daftar, Lalu masukkan Nama lengkap, alamat email dan NIK, Masukkan password dan konfirmasi password, Dan selanjutnya klik register.


Adapun Fungsi dari SIAKBA 2024 ini, yakni : pengelolaan tahapan seleksi, pengelolaan PAW, pengelolaan Informasi publik, pengelolaan data & dokumen administrasi, pengelolaan akun dan bantuan. Dengan aplikasi SIAKBA ini, masyarakat dapat mengakses dan data para PPK, PPLN, KPPS dan berbagai informasi lainnya yang berkaitan dengan Pemilu serentak Tahun 2024.

"Kita masih menunggu juknis dari KPU RI,  KPU Kabupaten Nias Selatan akan merekrut anggota PPK sebanyak 175 orang dari 35 Kecamatan dan anggota PPS sebanyak 1.383 orang dari 461 Desa Se-Kabupaten Nias Selatan,  melalui aplikasi SIAKBA"  ungkap Yulianus Gulo menambahkan.

Pada kegiatan ini, turut hadir : mewakili Kapolres Nias Selatan, mewakili Danlanal Nias, mewakili Danramil Teluk Dalam, mewakili Kaban Kesbangpol, Camat, GMNI Kabupaten Nias Selatan, GMKI Nias Selatan, LSM/Pers dan mahasiswa dan undangan lainnya. (Mesiana BLL)