Bupati Nias Barat Jenguk Balita Yang Mengalami Gizi Buruk -->

Bupati Nias Barat Jenguk Balita Yang Mengalami Gizi Buruk

Jumat, 09 September 2022


Nias Barat | SNN -
Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu jenguk Seorang balita yang mengalami Gizi Buruk, Dea Sofia Waruwu (6) bulan, jenis kelamin perempuan, berat badan 2,5 kg  yang sedang dirawat di Puskesmas Rawat Inap Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Jumat (09/09/2022).

Dijelaskan Khenoki Waruwu bahwa, kedatangannya untuk melihat balita yang mengidap gizi buruk itu bermula dari informasi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Nias Barat.

Mendapat laporan dari Kadis kesehatan bahwa ada anak sedang dirawat di Puskesmas Mandrehe, makanya saya ke Puskemas Mandrehe untuk melihat anak ini, ucapnya di Puskesmas Mandrehe.

Beliau menghimbau kepada, kepala OPD dan ASN Lingkup Pemkab Nias Barat untuk menyisihkan sebagian rejeki membantu biaya pengobatan Dea Sofia Waruwu. Tadi saya menghimbau Kepala OPD dan ASN mengulurkan tangan untuk biaya pengobatan anak ini, ujarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, orangtua anak tersebut berdomisili dan berkerja di PT Torganda, ayahnya warga Hilifanikha, Kecamatan Onohazumba, Kabupaten Nias Selatan sementara Ibunya itu berasal dari Desa Hiliwalo’o 1, Mandrehe.

Karena Dea Sofia sakit-sakitan akhirnya dibawa pulang ke Nias,  berobat tradisional di Desa Hiliwalo’o 1, Kemudian dibawa ke Puskesmas Rawat Inap Mandrehe, Kecamatan Mandrehe.

Dalam kurung waktu 4 hari setelah Dea Sofia Waruwu dirawat, berat badannya naik 3 ons. Selama perawatan biaya pengobatan, susu dan biaya 2 orang pendamping ditanggung oleh Pemkab Nias Barat.

Pada kunjungan itu, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Sabahati Gulo, S.Sos.,MM dan Camat Mandrehe, Farianus Gulo, S.Pd menyerahkan Kartu Identitas Anak kepada orangtua Dea Sofia Waruwu.(SJN)